Butur

Disperindag Operasi Pasar Jelang Natal Tahun Baru

BUTONPOS.COM, BURANGA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar operasi disejumlah kios dan pasar di Kecamatan Kulisusu, jelang perayaan hari Natal dan tahun baru 2018.

Dalam razia tersebut, Disperindag bekerjasama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kendari, aparat Polsek Kulisusu, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan Dinas Ketahanan Pangan.

Tim khusus yang dibentuk tersebut, terbagi dalam dua tim, yakni tim yang menyasar sejumlah kios-kios di Kecamatan Kulisusu dan tim yang fokus pada razia di pasar sentral tradisional Mina-minanga.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Butur, Titing Indang menjelaskan, kegiatan ini difokuskan untuk memeriksa barang-barang kedaluwarsa maupun bahan pangan dan kosmetik yang tak layak pakai.

Tujuannya untuk mengantisipasi penjualan barang tidak layak konsumsi yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat.

“Jadi kita antisipasi, jika ada temuan langsung dilakukan penyitaan dan selanjutnya akan dimusnahkan,” tegasnya, saat ditemui disela-sela melakukan razia di pasar Mina-minanga, Kamis (14/12).

Terpisah, Kadis Perindag Butur AS Sabran M menuturkan, operasi tersebut akan berlangsung selama dua hari. Hari pertama, dipusatkan di sejumlah kios dan pasar di Kulisusu. Dan hari ini (Jumat,red) akan dilakukan operasi di Kulisusu Utara (Kulut).

Dari hasil operasi yang dilakukan di Kecamatan Kulisusu, didapatkan ratusan barang tak layak konsumsi oleh tim gabungan dan berujung pada pemusnahan (dibakar).

Namun demikian, lanjut Sabran, pihaknya juga bisa bersikap tegas, apabila pedagang bersangkutan masih tetap menjual barang yang bisa membahayakan kesehatan konsumen.

“Jika kita temukan ada makanan kedaluwarsa langsung disita. Pedagang akan didata dan diberikan surat peringatan. Jika tak juga jera, izin usahanya akan kami cabut. Sampai saat ini hasil operasi belum bisa dijabarkan, tim masih bekerja di lapangan untuk mengecek semua produk,” tandas Sabran.(m7)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker