HukumSeputar Indonesia

Dituntut 8 Bulan, Pencuri Merengek Minta Keringanan Hukuman

PUBLIKSATU.COM, GRESIK – Terdakwa kasus pencurian, Faisol (36) merengek meminta keringanan hukuman kepada majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Gresik. Permintaan itu disampaikan warga Jalan Gubernur Suryo, Kecamatan Gresik setelah dirinya dituntut 8 bulan penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU) Lila Yurifah Prihasti.

“Mohon diringankan hukuman saya pak hakim. Saya masih punya tanggungan keluarga yang harus saya nafkahi,” pinta terdakwa usai pembacaan tuntutan.

Sebelumnya JPU menyatakan terdakwa bersalah melanggar pasal 363 ayat (1) ke-3 jo pasal 53 ayat (1) KUHP. Yang memberatkan, terdakwa tidak sekali ini diseret di meja hijau. Terdakwa beberapa kali disidang dengan sejumlah dakwaan.

Majelis hakim diketuai Putu Gde Hariadi kemudian memberi nasehat kepada terdakwa. Menurut majelis hakim, penyesalan selalu berada di belakang. Karena itulah, segala tindakan yang dilakukan harus mempertimbangkan baik dan buruk.

Sebagai catatan, Faisol ditangkap setelah membobol rumah Teguh Hari Priyanto di Desa Roomo, Kecamatan Manyar, September 2018 silam. Saat kejadian,terdakwa menggunakan sepeda motor dan masuk ke rumah korban Teguh yang terlelap tidur sekitar pukul 04.45.

istri korban, Fauziah Wulandari bangun dan memergoki terdakwa berada ruang tamu rumahnya. Terdakwa saat itu membawa tas cangklong warna hitam diteriaki maling oleh korban. Terdakwa akhirnya berhasil ditangkap korban bersama warga sekitar. (yud/ris)

(sb/yud/jay/JPR)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker