Butur

DPRD Belum Tahu Pemutusan Kontrak PT Sumagro Sawitara

BUTONPOS.COM, BURANGA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Utara (Butur) belum mengetahui pasti apakah saat ini izin perpanjangan kontrak PT Sumagro Sawitara yang bergerak di perkebunan tebu itu telah diputuskan atau diperpanjang oleh Pemda Butur.

Pernyataan yang dilontarkan pihak DPRD tersebut menyusul adanya aksi dari forum mahasiswa dan masyarakat peduli Butur, yang meminta pihak DPRD untuk mendesak Pemda Butur agar memperpanjang kontrak perusahaan tebu tersebut.

“Belum dengar izin dihentikan. Namun sepengetahuan kami (DPRD, red), perusahaan tebu saat ini masih tetap melakukan aktifitas, sekalipun banyak tantangan dilapangan terkait dengan ketidaksetujuan masyarakat. Masyarakat menduga perusahaan tebu hanya melakukan akal-akalan saja,” ungkap Wakil Ketua DPRD Butur Sujono, saat menjawab tuntutan massa aksi, Senin (11/12).

Untuk lebih jelasnya, lanjut legislator partai Golkar itu akan memanggil pihak Pemda Butur untuk mempertanyakan terkait dengan nasib yang dialami perusahaan tebu tersebut. Perihal untuk mengeluarkan izin, kata dia, bukan gawaian DPRD, itu hak sepenuhnya dari pihak eksekutif.

“Kita akan tanyakan dulu ke eksekutif, kita akan perjuangkan seselama itu memenuhi syarat,” tegasnya, dihadapan massa saat berdialog di ruanganya.

“Kira-kira kapan pak,” tanya Aswat, salah seorang koordinator lapangan aksi kepada Wakil Ketua DPRD.

Untuk jadwalnya, lanjut Sujono, pihaknya belum bisa memastikan, sebab saat ini DPRD Butur sedang disibukkan dengan pembahasan APBD tahun 2018, jika ini ditinggalkan akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat Butur dan berdampak pada pembangunan Butur ke depan.

“Usai pembahasan dulu, karena batasnya sampai akhir tahun ini, beri kami waktu,” ungkapnya.

Sebelumnya, massa yang mengatas namakan forum mahasiswa dan masyarakat peduli Butur mendesak Pemda Butur untuk memperpanjang kotrak PT Sumagro Sawitara, massa berdalih jika perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan tebu tersebut diputuskan akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

Sebab dengan adanya perusahaan tersebut, dapat mengurangi angka pengangguran yang saat ini mencapai ribuan di Butur.

“Olehnya itu saya minta Pemda Butur untuk segera memperpanjang kontrak PT Sumagro Sawitara,” tegas Zubir, salah satu orator saat berorasi di depan kantor Setda Butur.

Usai berorasi di depan Kantor Setda, massa pun bergerak menuju kantor DPRD Butur, di kantor wakil rakyat itu massa meminta pihak DPRD untuk mempertanyakan terkait dengan kontrak perusahaan tebu tersebut.

Disana massa ditemui Wakil Ketua DPRD Butur Sujono, usai mendengarkan pemaparan Apoy sapaan akrab Sujono, massa pun bergegas pulang dengan tertib dan lancar. (m7)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker