Busel

DPRD Berhentikan Bupati Busel

PUBLIKSATU.COM, BUTON SELATAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buton Selatan (Busel) menggelar sidang paripurna pemberhentian Bupati non aktif Agus Feisal Hidayat. Selanjutnya mengesahkan Wakil Bupati Busel H La Ode Arusani sebagai bupati devenitif periode 2017-2022.

Hal itu dilakukan menyusul Pengadilan Tipikor Kendari memvonis 8 tahun penjara Agus Feisal Hidayat akibat kasus suap. Putusan itu sudah inkrach. Agus Feisal Hidayat juga tak mengajukan banding atas perkara yang menjeratnya tersebut.

Wakil Ketua II DPRD Busel Aliadi membenarkan sidang paripurna yang digelar DPRD Busel. Dokumen putusan inkrach Agus Feisal Hidayat dari pengadilan sudah dipegang DPRD. Hal ini menjadi landasan DPRD menggelar sidang paripurna pengusulan pengangkatan dan pengesahannya bupati definitif.

“Iya kita sudah gelar paripurna pengangkatan dan pengesahannya di DPRD. Kita sudah memulai tahapannya, nanti akan diserahkan ke Pemprov Sultra untuk diusulkan ke Kemendagri untuk penerbitan pengangkatan secara resminya,” kata politisi Hanura ini dikonfirmasi media ini, kemarin.

Menurutnya, meskipun Pemprov Sultra sudah mengambil alih proses pengusulan maupun pelantikan bupati devenitif pengganti Agus Feisal Hidayat, namun DPRD tetap melakukan proses tahapan paripurna pengusulan pemberhentian dan pengangkatan/pengesahan wakil bupati menggantikan posisi Bupati yang putusan kasusnya sudah inkracth.

“Meskipun Pemprov sudah mengusulkan dokumenya, DPRD tetap melakukan paripurna pemberhentian dan pengesahannya,” ujarnya.

Ia menjelaskan dokumen hasil paripurna keputusan DPRD itu Selasa 21 Mei sudah dibawa ke Kendari untuk diserahkan ke Pemprov Sultra. Selanjutnya Pemprov Sultra yang memproses untuk penerbitan SK pelantikannya.

“Kita tetap gelar paripurna, karena ini mekanisme di DPRD, nantinya akan juga kembali ke DPRD Busel untuk sidang istimewa pelantikan. Kalaupun nanti diambil alih provinsi tidak masalah tetap berproses kita menunggu saja dari Kemendagri SK-nya,” katanya. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker