Buteng

DPRD Buteng Bentuk Lima Fraksi

PUBLIKSATU.COM, LABUNGKARI – Dua hari pasca pelantikan, 25 anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah (Buteng) periode 2019-2024 langsung tancap gas menggelar rapat internal pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) yang diawali dengan pembentukan fraksi-fraksi dari partai yang memperoleh kursi di parlemen.

Ada lima fraksi yang terbentuk, yakni Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan Indonesia (PDIP), Fraksi Amanat Nasional (PAN), Fraksi Nasional Demokrat (Partai NasDem), Fraksi Kebangkitan Keadilan Demokrat (PKB, PKS, Demokrat), Fraksi Gerakan Persatuan Bintang Karya (Gerindra, PPP, PBB, Golkar)

“Ada lima fraksi yang disepakati. Tiga fraksi murni dari masing-masing partai dan dua fraksinya merupakan gabungan dari beberapa partai,” ungkap Sekretaris DPRD (Sekwan) Kabupaten Buteng H Burhanuddin, saat dihubungi via telepon selullernya, Minggu (6/10/2019).

AKD dari pembentukan fraksi ini, kata dia, sudah langsung diparipurnakan. Sementara AKD lainnya, seperti pembentukan komisi-komisi komposisinya sudah terbentuk, namun belum bisa diparipurnakan karena menungu pelantikan unsur pimpinan DPRD definitif.

“Untuk komisi-komisi baru bisa diparipirnakan setelah pelantikan unsur pimpinan definitif. Termasuk juga nanti akan dibentuk Badan Legislasi (Baleg), Badan Anggaran (Banggar), dan Badan Kehormatan (BK) dengan penunjukan ketua masing-masing setelah ada pimpinan DPRD definitif,” jelas Sekwan.

Penetapan unsur pimpinan definitif ini, kata dia, sudah dirapatkan setelah dibentuk fraksi-fraksi. Ketua dari PDIP dengan menunjuk Bobi Ertanto, Wakil Ketua I dari PAN dengan menunjuk Adam, dan Wakil Ketua II dari Partai NasDem dengan menunjuk Suharman.

“Surat penunjukan dan berita acaranya sudah kami serahkan kepada bupati dan bupati sudah membuatkan surat penetapannya kepada gubernur. Insya Allah, besok (Hari ini, red) surat tersebut akan kami bawa ke gubernur di Kendari untuk di-SK-kan,” beber Burhan.

Ia berharap, gubernur cepat memprosesnya dan dibuatkan jadwal pelantikannya. Sehingga pihaknya bergerak lagi untuk meminta kesiapan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pasarwajo untuk melantik unsur pimpinan definitif DPRD Buteng periode 2019-2024.(uzi)

Berikut komposisi ketua dan anggota lima fraksi DPRD Buteng:

1. Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan
Hasrun (Ketua), Syarifuddin SH (Wakil Ketua), Azaluddin (Sekretaris) dan Anggota: Sa’al Musrimin Haadi SKM, Sarina Afa, Rahmaniar, Hendi Syafrini SPd, dan Bobi Ertanto SPd.

2. Fraksi Amanat Nasional
Dra Hj Wa Ode Mariati (Ketua), La India SPdI (Wakil Ketua), H Hasiri (Sekretaris), Adam SAg (Anggota)

3. Fraksi Nasional Demokrat
La Ode Alim Alam (Ketua), Rosmaya (Wakil Ketua), Samirun SPd (Sekretaris), Suharman SPd (Anggota)

4. Fraksi Kebangkitan Keadilan Demokrat
Muh Adam Basan (Ketua), La Ode Af’alu Mahdi (Wakil Ketua), Adnan (Sekretaris), Tasman (Anggota), Muthalib (Anggota).

5. Fraksi Gerakan Persatuan Bintang Karya
H Kaimuddin (Ketua), Saadia SAg (Wakil Ketua), Nurman SE (Sekretaris), Dani BSc (Anggota).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker