Busel

Dua Rumah di Busel Hangus Terbakar

PUBLIKSATU.COM, BUTON SELATAN – Dua unit rumah milik warga Dusun Taliku, Desa Tira, Kecamatan Sampolawa, Buton Selatan ludes terbakar, Kamis (1/8) sekitar pukul 13.00 Wita. Dua rumah itu adalah milik La Ode Hayanu (46) dan La Ode Bahtiar (47). Sumber api diduga dari kompor di rumah milik La Ode Hayanu.

Informasi yang dihimpun di tempat kejadian perkara, istrinya La Ode Hayanu sementara memasak sayur. Namun saat memasak ada pengunjung yang datang belanja di kios miliknya. Diduga kompor meledak sehingga menjalar menghanguskan rumah. Sebagian besar rumah panggung berbahan dasar kayu membuat api cepat menjalar.

Warga pun histeris dari peristiwa itu. Secara spontan dengan bergotong royong warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Warga juga kesulitan memadamkan api akibat air yang sangat kesulitan di Desa Tira. Api menjalar ke tetangga rumah milik La Ode Bahtiar. Sejumlah barang berharga tak bisa diselamatkan lagi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Sekitar pukul 15.10 Wita, api berangsur-angsur berhasil dijinakan. Satu unit mobil pemadam kebakaran milik Damkar Busel dari ibukota Batauga dengan jarak sekitar 30 kiloan ikut memadamkan api.

Camat Sampolawa, La Kali membenarkan peristiwa naas kebakaran di Dusun Taliku, Desa Tira Kecamatan Sampolawa itu. “Ada dua rumah yang terbakar,” katanya.

Kata putra Bahari ini, untuk penyebab kebakaran untuk sementara pihaknya belum bisa memastikan sumber api. Pihaknya enggan berandai-andai dari peristiwa tersebut. Namun kuat dugaan api bersumber dari dapur rumah milik La Ode Hayanu.

Rumah yang berdekatan milik La Ode Bahtiar juga ikut ludes terbakar tak ada yang bisa diselamatkan harta benda didalam rumah. “Kita belum bisa pastikan sumber api dari mana. Pemilik rumah juga masih syok atas musibah yang menimpanya,” katanya.

Pihaknya juga sudah mengistruksikan pemerintah desa dan jajaranya tingkat kecamatan untuk melakukan identifikasi korban kebakaran untuk dilaporkan di pemerintah Kabupaten Busel.

Satu buah rumah milik La Ode Hayanu habis terbakar tak ada yang bisa diselamatkan. Hanya pakaian di badan yang tersisa. Sedangkan rumah kedua ludes terbakar pada bagian dapur sedangkan rumah induknya masih ada sisa. “Cuma harta benda yang ada didalam sebagian besar juga ludes terbakar, tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini,” katanya.

Ia menambahkan, paling lambat besok laporan resmi ke Pemeriintah Kabupaten akan disampaikan hari ini (2/8). Secara umum terkait peristiwa itu juga pihaknya sudah melaporkan.

La Kali juga sudah menginstruksikan kepada pemerintah desa berserta jajaranya untu membuka posko bantuan berupa kebutuhan yang sangat mendesak.

Ia juga menambahkan, air bersih di Desa Tira memang sudah ada. Namun kurang lancar beroperasi. Ini juga menjadi catatan bagi pemerintah untuk dicarikan solusi. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker