Muna

Gedung Terminal Bandara Sugimanuru Diresmikan

BUTONPOS.COM, MUBAR – Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru, Kabupaten Muna Barat (Mubar) terus menunjukkan kemajuannya, baik dari segi penerbangan maupun infrastruktur. Satu unit gedung terminal yang baru saja dibangun.

Direktur Bandara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ir Bintang Hidayat, meresmihkan gedung terminal sekaligus meletakan batu pertama pembangunan VIP Room UPBU di Bandara Sugimanuru, Senin (18/12).

Turut hadir, Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada, Wakil Bupati, Achmad Lamani, para anggota DPRD Muna dan Mubar, para kepala SKPD, para anggota Forum Komunikas Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta kepala bandara otoritas wilayah Sulawesi.

Secara ringkas, Kepala Bandara Sugimanuru Mubar, Muhammad Sabu mengatakan, Bandara Sugimanuru sebenarnya beroperasi sejak tahun 1984-1985. Pesawat pertama yang beroperasi adalah Kasa, rute Makassar-Baubau-Muna. Tetapi saat itu tidak berlangsung lama.

“Nanti 2015 baru diaktifkan kembali, namun belum ada pesawat yang mendarat. Syukur, 2017 ini sudah didarati Wings Air dan Garuda. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan bupati Mubar, telah berjuang mendatangkan pesawat di Mubar ini,” ungkapnya.

Visi-misi pihak bandara lanjutnya, menjadi penyedia jasa Bandara yang profesional untuk mendorong pembangunan nasional. Gedung terminal yang baru dibangun ini merupakan kontribusi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mubar dalam mendorong kemajuan bandara.

“Untuk kebutuhan 2018 mendatang, kami mengusulkan perluasan gedung terminal, perpanjangan run wai, sehingga 2020 nanti bisa didarati kapal besar seperti Boying,” terangnya.

Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada menyampaikan, Mubar berdiri menjadi daerah otonomi baru (DOB) tahun 2014 lalu. Ibaratnya, daerah yang baru seumur jagung tetapi perkembangannya sudah cukup luar biasa.

Katanya, Muna dan Mubar hanya terpisah secara administrasi. Disisin lain, satu komponen yang tidak dipisahkan karena Muna dan Mubar berada pada garis suku Muna. Jadi Bandara Sugimanuru ini kepunyaan semua masyarakat, hanya keberadaannya di Mubar.

“Bandara ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk meningkatkan ekonominya. Kemudian, bandara ini juga melayani penerbangan dari masyarakat Muna, Mubar, Buton Tengah, Bombana dan Konawe Selatan,” katanya.

Mantan Kasatpol PP Sultra ini sangat mengapresiasi jika melalui Dirjen Kemenhub akan melakukan penambahan terminal lanjutan serta run wai. “Pemkab Mubar, memberikan dukungan full keberadaan bandara ini dari segi transportasi. Saat ini kita genjot pembangunan jalan yang menghubungkan dengan Bandara. Kita juga akan bangun VIP Room,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Bandara Kemenhub, Bintang Hidayat mengatakan, transportasi udara menjadi adalan sepenuhnya terhadap pengembangan wilayah. Renstra Kemenhub adalah pengembangan daerah terpencil, terisolir dan rawan bencana.

“Salah satu pengembangan yang kita dorong adalah Bandara Sugimanuru. Dalam kurung waktu 2 tahun ini kita benahi terus, utamanya kapasitas terminal. Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan Pemkab Mubar mengenai pembangunan terminal lanjutan dan run wai bisa terwujud di tahun mendatang,” tutupnya. (p5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker