Butur

Hadapi MTQ, Butur Matangkan Pembinaan Kafilah

BUTONPOS.COM, BURANGA – Jelang penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVII tingkat Provinsi Sultra, pemerintah kabupaten Buton Utara (Butur) sebagai tuan rumah terus mematangkan persiapan untuk iven akbar tersebut.

Mulai dari melakukan pembenahan dan persiapan lokasi-lokasi yang akan dijadikan tempat kegiatan. Salah satunya adalah pembangunan gedung Islamic Center yang berada di jalan Mina-minanga, dan renovasi Masjid Agung yang kini tampak pada tahap penyelesaian dan penataan.

Bupati Butur Abu Hasan beberapa waktu lalu mengatakan, Masjid Agung dan Islamic Center kebanggaan masyarakat Butur ini nantinya akan menjadi pusat pelaksanaan kegiatan MTQ tingkat Provinsi Sultra, pada Maret 2018 mendatang.

Selain pembangunan infrastruktur penujang pelaksanaan MTQ, Pemda Butur pun saat ini tengah fokus melakukan pembinaan Qori/Qoriah, Hafidz/Hafidzah. Pemusatan ini sangat penting guna meningkatkan mutu dan kualitas seni baca dan pemahaman Alquran bagi Qori-Qoriah, dengan tujuan agar peserta kafilah Butur menjadi siap pakai, pada gelaran MTQ kali ini.

“Pembinaan akan dilakukan secara intens, mulai saat ini sampai pada menjelang pelaksanaan. Kegiatan akan dilakukan persiapan akhir, agar bisa berkompetisi di MTQ dan meraih prestasi yang maksimal untuk mengharumkan nama Butur,” kata Kabag Kesra Setda Butur, Aslimin S.Ag.

Aslimin menegaskan dalam melakukan pembinaan, dimulai dari tingkat desa hingga kecamatan dengan lebih mengutamakan putra dan putri terbaik daerah, sehingga tidak harus mengadopsi peserta MTQ dari luar daerah. Karena hal itu akan merugikan anak daerah dan nama baik Butur sendiri.

“Kita akan tetap berupaya untuk mengedepankan anak daerah untuk menjadi peserta MTQ dari mulai tingkat Desa. Hal ini harus kita budayakan. Karena anak-anak kita nantinya bukan hanya sebagai peserta, namun ini lah awal mula untuk mencetak kader-kader pendakwah dikemudian hari nanti,” tegasnya.

Ia pun berharap, pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sultra di Butur dapat terlaksana dengan sukses. Dalam artian, seluruh kafilah dapat nyaman dengan fasilitas dan penyambutan Butur selaku tuan rumah.

“Setidaknya, seluruh kafilah kembali ke daerah masing-masing dapat membawa kesan positif tentang Butur,“ harapnya.

Ia pun berharap dukungan seluruh masyarakat Butur, untuk turut sukseskan MTQ. Masyarakat, kata dia, juga dapat telibat langsung dalam berbagai rangkaian kegiatan MTQ, sehingga pelaksanaan hajatan tingkat provinsi Sultra di Butur ini dapat terlaksana dengan lebih meriah.

Adapun cabang yang akan dipertandingkan dalam MTQ tingkat Provinsi di Butur antara lain Tilawah, Hifzh Alquran dan Tafsir Alquran, Fahm Alquran, Syarh Alquran, Khanath Alquran, Musabaqah makalah Alquran, Qasidah rebana klasik dan bintang vokalis. (m7)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker