Baubau

Hamsina Bolu Tanamkan Pemahaman Empat Pilar Pada Pemuda

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Republik Indonesia Dapil Sulawesi Tenggara, Ir Wa Ode Hamsinah Maane Bolu begitu peduli dengan nilai-nilai empat pilar berbangsa dan bernegara di negeri ini yang dewasa ini sedang mengalami krisis penerapan.

Nah, salah satu cara untuk kembali menggairahkan pilar kebangsaan ini adalah semakin sering menggelar sosialisasi dengan materi empat pilar kebangsaan yang melibatkan generasi muda. Seperti halnya yang belum lama ini dilakukan di SMKN 2 Baubau.

Sosialisasi yang mencakup Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika ini, nampak siswa begitu antusias mengikuti giat yang digelar Senator berdarah Buton itu. Materi empat pilar yang disosialisasikan dibawakan oleh dua pemateri, yakni Dr Andi Tenri dan Wa Ode Hamsinah Bolu sekaligus juga penyelenggara perwakilan dari MPR RI.

Sosialisasi ini merupakan salah satu langkah MPR RI, untuk membentengi pemuda, agar tidak mudah terjerumus atau terprovokasi melakukan tindakan radikalisme.

Kendati demikian, Wa Ode Hamsinah Bolu menuturkan, sosialisasi yang dilakukan dirasa masih belum cukup untuk menanamkan nilai-nilai empat pilar Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinekaan kepada pemuda.

Ia menyarankan, untuk menggunakan pendekatan-pendekatan lain, seperti sosialisasi melalui pendekatan budaya, pentas seni dan event olahraga.

“Barangkali sosialisasi melalui pendekatan budaya daerah setempat, pentas seni untuk anak muda ataupun sosialisasi melalui event olahraga bisa lebih efektif, sehingga dalam menyampaikan pesan akan lebih masuk dan menyentuh ke anak muda,” tutur Wa Ode Hamsinah Bolu, paska pelaksanaan giat sosialisasi di SMKN 2 Baubau, pada September lalu. (cr2)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker