Buteng

HPI Buteng Siap Dongkrak Pariwisata Sebagai Penyumbang PAD Terbesar

PUBLIKSATU.COM, LABUNGKARI – Berbekal saling tukar informasi dan pengalaman sesama pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dari berbagai daerah di nusantara pada perayaan HUT HPI ke-31 di Gedung Kementerian Pariwisata RI di Jakarta, Sabtu malam (6/10/2019), HPI Kabupaten Buton Tengah (Buteng) seakan mendapat “suntikan” untuk mendongkrak kemajuan pariwisata di daerahnya agar menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HPI Kabupaten Buteng, Sitti Aisyah Rahmi Saerani, target penyumbang PAD terbesar di Kabupaten Buteng dari sektor pariwisata bukan mustahil dicapai apabila seluruh pegiat pariwisata berperan aktif mempromosikan pariwisata daerah berjuluk negeri seribu gua itu.

Apalagi, Kabupaten Buteng memiliki beragam potensi pariwisata alam, budaya, dan buatan yang tidak kalah menarik dan unik dari daerah-daerah lainnya yang lebih dulu dikenal pariwisatanya. Utamanya mendongkrak wisata Cave Dive yang peminatnya dari manca negara.

“Disinilah peran HPI dalam memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata di Kabupaten Buteng. Tak hanya menjadi Pramuwisata pada wisatawan yang berkunjung ke Buteng, tapi lebih dari itu ikut mempromosikan melalui citra digital di era serba digital sekarang ini,” tulis Aisyah melalui pesan WhatsApp, Senin (7/10/2019).

Targetnya, Pariwisata Buteng semakin dikenal dunia luar dan semakin banyak wisatawan lokal, domestik, dan manca negara yang berkunjung ke Buteng. Sebab, ukuran majunya pariwisata di daerah itu dilihat dari seberapa banyak jumlah wisatawan yang masuk di daerah tersebut.

“Pariwisata Buteng harus banyak dipromosikan dan itu bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata saja, tapi semua komponen harus mengambil peran serta,” jelas wartawati salah satu media online di Sultra ini.

Aisyah mengaku, sepulangnya dari mengikuti perayaan hari jadi HPI ke-31 di Jakarta, pihaknya akan menyusun program-program kerja untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Buteng. Tentu saja program terus akan selaras dengan program-program yang sudah direncanakan Dinas Pariwisata Buteng, baik jangka menengah maupun jangka panjang.

“Sebagai mitra, HPI Buteng senantiasa meminta bimbingan dan arahan dari Dinas Pariwisata Buteng untuk memajukan pariwisata Buteng agar menjadi sektor penyumbang PAD terbesar di Kabupaten Buteng,” harapnya.(uzi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker