Baubau

IBM-Ilyas dan Nursalam-Nurman Dani Belum Memenuhi Syarat Dukungan

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Berdasarkan hasil rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau tahun 2018 tingkat Kota Baubau, dipastikan dua bakal pasangan calon perseorangan yakni Paslon Drs Ibrahim Marsela-AKBP Ilyas SSos dan Paslon Nursalam-Nurman Dani SE belum memenuhi jumlah syarat dukungan yang ditetapkan.

“Terhadap masing masing bakal pasangan calon, keduanya telah dihitung berapa syarat dokumennya yang telah memenuhi syarat dan setelah melalui proses perhitungan ditemukan dari masing masing pasangan calon jumlah memenuhi syaratnya itu kurang dari jumlah syarat minimal yang dipersyaratkan,” ucap Ketua KPU Baubau, Dian Anggraini kepada awak media usai rapat pleno di Hotel Galaxy Inn, Minggu (31/12/17).

Disebutkan, untuk bisa lolos, minimal syarat dukungan harus mencapai 11427. Sementara Paslon IBM-Ilyas baru sekitar 7479 yang memenuhi syarat. Lalu Paslon Nursalam dan Nurman Dani SE baru sekitar 1331 yang memenuhi syarat setelah diverifikasi faktual.

Namun demikian, kata Dian, kedua Paslon tersebut masih berpeluang untuk bisa bertarung di Pilwali 2018 mendatang. Pasalnya kedua Paslon itu masih diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan agar dapat memenuhi syarat dukungan.

“Persyaratan minimal jumlah dukungan itu sebesar 11427 dukungan. Proses perbaikan itu nanti setelah proses pendaftaran. Nah setelah proses pendaftaran, KPU akan melakukan verifikasi. Hasil verifikasi itu disampaikan kepada bakal pasangan calon tentang masing masing kekurangan dukungannya,” tegas Dian.

Seperti diberitakan sebelumnya, Koordinator Divisi Teknis KPU Baubau, La Ode Ijidman yang hadir didalam Rapat Pleno tersebut mengatakan, semisal dari rapat pleno diketahui bahwa dukungan yang memenuhi syarat kurang dari jumlah minimal dukungan, maka bakal Paslon harus melakukan perbaikan dukungan sebanyak dua kali lipatnya dari kekurangan dukungan tersebut.

“Syarat dukungan Paslon sebanyak 11.427 dukungan yang harus memenuhi syarat,” jelasnya.

Lebih lanjut La Ode Ijidman menuturkan, untuk kekurangan dukungan itu, nantinya diserahkan kembali kepada KPU Kota Baubau pada tanggal 18-20 Januari 2018.

Selain itu juga bakal Paslon diharuskan mendaftarkan diri kembali pada tanggal 8 Januari 2018 sampai 10 Januari 2018 untuk memenuhi syarat pencalonan.

“Jadi bakal Paslon perseorangan diharuskan mendaftar lagi. Dan untuk menentukan lolos atau tidaknya bakal Paslon perseorangan tersebut baru diketahui setelah dilakukan verifikasi data dukungan perbaikan,” pungkasnya. (po3)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker