Ragam

ITB Bersihkan Sampah Usai Lari Maraton

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Sejumlah pemuda di Kota Baubau yang tergabung dalam Ikatan Traveler Buton (ITB) menggelar aksi bersih-bersih usai pelaksanaan lari maraton yang berlangsung di Benteng Keraton Buton, Minggu (17/12/17).

Kamil salah satu personil ITB, saat ditemui di Kawasan masjid Agung Keraton Buton menjelaskan, aksi sosial itu merupakan dukungan mereka terhadap program pemerintah dalam mempertahankan piala Adipura yang notabene erat kaitannya dengan masalah persampahan.

“Kita melihat banyaknya sampah ketika ada kegiatan di Kota Baubau. Apalagi Kota Baubau telah memperoleh piala Adipura dan ini merupakan suatu wujud tindakan untuk mendukung piala Adipura sehingga Kota Baubau bisa mempertahankan,” kata Kamil salah satu personil ITB, saat ditemui di Kawasan masjid Agung Keraton Buton, Minggu (17/12/2017).

Kamil menjelaskan kegiatan ini merupakan kepedulian sekelompok kecil pemuda pemudi Kota Baubau, yang menginginkan Kota Baubau bersih dan indah dengan melakukan kampaye ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Apa yang kita lakukan masih sedikit, tetapi setidaknya kami telah melakukan sebuah kampaye untuk mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya dan jangan membuang disembarang tempat,” jelas Kamil.

ITB lanjut Kamil, melakukan aksi bersih-bersih tidak hanya di Benteng Keraton Buton tetapi juga dibeberapa tempat wisata lainnya di Kota Baubau.

“Kita akan pergi ke tempat-tempat wisata yang belum terjamah, kita membersihkan tempat wisata tersebut sekaligus mengexplor tempat wisata tersebut serta kita dokumentasikan tempat wisata tersebut guna mempromosikan tempat wisata tersebut,” jelas Kamil.

Kata dia, ITB terbentuk dari beberapa komunitas yang memiliki satu hobi.

“Saat ini baru tujuh komunitas yang tergabung didalam ITB, dan kami juga akan mengajak beberapa komunitas-komunitas di Kota Baubau yng memiliki visi misi yang sama hobi jalan-jalan, sekaligus bersih-bersih sampah,” tandas Kamil. (po3)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker