Buteng

Jabatan Kadis PU Buteng Dilelang Ulang

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Dari 10 SKPD di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang dilakukan seleksi terbuka lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyt akan dilelang ulang karena pendaftar yang lolos berkas administrasi hanya satu orang.

Padahal, dalam peraturan lelang JPTP minimal ada empat pendaftar yang harus mengikuti tahapan seleksi untuk setiap SKPD. Dalam proses akhir, Panitia Seleksi (Pansel) akan menyisakan tiga nama untuk diajukan kepada kepala daerah dan satu diantaranya akan dipilih untuk mengisi jabatan Kadis pada SKPD tersebut.

“Untuk Dinas PU tidak dilanjutkan lelangnya karena dari empat pendaftar yang lolos seleksi administrasi hanya satu orang. Sementara aturannya harus minimal empat untuk bisa dilakukan seleksi,” ungkap Ketua Pansel La Ode Hasimin saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/12).

Pihaknya melakukan seleksi ketat pada Dinas PU karena instansi tersebut bersentuhan langsung dengan serapan anggaran yang banyak mengelola program dan kegiatan fisik. Sehingga dibutuhkan pendaftar yang betul-betul sesuai dengan jurusannya.

“Pendaftar pada Dinas PU ini masih banyak yang belum sesuai dengan jurusan atau bidangnya, sehingga akan kita lakukan lelang ulang. Karena bupati telah menyampaikan secara umum kepada Pansel dan Assesort bahwa dalam melakukan seleksi benar-benar memilih pendaftar yang sesuai dengan bidang dan kebutuhan SKPD yang dilelang,” terang Hasimin.

Sekab Buteng ini menambahkan, dalam lelang ulang jabatan Kadis PU tersebut pihaknya akan mengkonsultasikannya ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bersamaan dengan hasil lelang sembilan SKPD lainnya yang saat ini sementara berjalan.

Untuk lelang jabatan sembilan SKPD lainnya, saat ini sudah dilakukan tes pemaparan makalah, wawawancara, dan assesmen dari tim Assesor. “Tinggal wawancara akhir yang akan dilakukan oleh tim Pansel,” bebernya.

Dalam wawancara akhir nanti, Pansel akan melakukannya secara profesional sesuai amanah undang-undang. “Banyak hal yang akan kita tanyakan nanti dari berbagai aspek, diantaranya dengan melihat profesioanlnya, rekam jejaknya, integritasnya, loyalitasnya, termasuk komitmen mereka dalam mendukung visi misi bupati kedepan,” paparnya.

Untuk diketahui, Tim Pansel pada seleksi JPTP ini terdiri dari Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buteng La Ode Hasimin, Asisten III Setda Buteng LM Mursal Zubair, dua orang dari akademisi yakni Dr Ir Sulhan Manaf MSi, Dr Andi Tenri MSi, dan seorang praktisi Wa Ode Ichsana Maliki (Mantan Kepala BKD Sultra).

Sembilan SKPD yang dilelang jabatan Kadisnya yakni yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Komunikasi Informasi, Statistik dan Persandian,  Dinas Penanaman Modal dan Perizinan satu Pintu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Badan Pendapatan Daerah, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). (uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker