Busel

Jadwal Tes SKD CPNS Buton Selatan Dimulai 17 Februari

PUBLIKSATU.COM, BATAUGA – Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) akan dilaksanakan mulai tanggal 17-20 Februari 2020.

Sebanyak 1.033 peserta akan menjalani ujian tersebut di Gedung Lamaindo, Kelurahan Batauga, Busel.

“Seleksi CPNS lingkup Pemkab Busel akan dilaksanakan pada Februari 17-20 Februari. Kita akan laksanakan empat hari. Dalam satu hari terdiri dari 4-5 sesi dengan peserta sebanyak 1.033 di Gedung Lamaindo,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buton Selatan, La Ode Firman Hamza kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/01/2020).

Lanjut ia mengatakan, percetakan kartu ujian kali ini beda dengan tahun sebelumnya. Dulu jumlah pelamar lebih banyak, maka peserta bisa mencetak sendiri.

Namun sekarang pihak panitia yang melakukan percetakan kartu ujian peserta.

“Belajar dari kondisi itu kita mendapatkan kendala, pada saat ujian kita harus stempel dulu baru tandatangan, dan itu memperpanjang antrean, kita tidak hemat waktu,” keluh Firman Hamza.

Kepala BKPSDM Buton Selatan, La Ode Firman Hamza

“Kalau saat ini kita ambil kebijakan karena jumlahnya kita bisa jangkau. Maka percetakan kartu peserta dilaksanakan di panitia. Dan penyerahannya mulai besok, tanggal 15 Januari,” tambahnya lagi.

Seluruh persiapan menjelang SKD sudah dimantapkan termasuk tempat ujian, pengamanan, koneksi internet hingga kelistrikan.

Diketahui sebelumnya ada sebanyak 1.022 pelamar lulus seleksi administrasi. Sementara yang tidak lulus sebanyak 59 orang.

Mereka yang tidak lulus diberikan waktu sanggah selama tiga hari. Namun hanya 23 orang saja yang memberikan sanggahan.

Setelah diverifikasi lagi, 11 orang dinyatakan lolos. Sedangkan 12 orang lainya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Gedung Lamaindo Layak

Tim verifikasi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menilai lokasi pelaksanaan SKD di Gedung Lamaindo sudah memenuhi standar kelayakan.

Selain fasilitas AC, panitia daerah juga sudah menyiapkan komputer atau PC sebanyak 125 unit. Namun untuk menciptakan kenyamanan saat pelaksanaan tes CAT CPNS disiapkan 65 unit saja.

“Kesiapannya di Lamaindo, di bagian depan dan belakang sudah dipasang paving block bahkan sudah dipasang kanopi. Jadi menurut pantauan tim verifikasi BKN, itu sangat layak,” kata La Ode Firman Hamza.

Gunakan Dua Server BKN

Seluruh kelengkapan dan fasilitas untuk kelancaran ujian pada Februari mendatang sudah dipersiapkan oleh panitia daerah. Olehnya itu, pihaknya akan menggunakan dua server dari BKN.

Ia pun menjamin tidak ada masalah pada koneksi internet.

“Sebenarnya internet dibutuhkan untuk kebutuhan pelaporan admin dari BKN setelah selesai pelaksanaan tes. Tetapi pada saat tesnya itu menggunakan jaringan lokal, karena dia sistem server. Server dari BKN sebanyak dua,” imbuhnya lagi.

Sistem Pengamanan

“Kita akan berkolaborasi dengan pihak kepolisian untuk keamanan. Kan itu ada tiga tahap, yang pertama sebelum peserta datang itu dikumpulkan satu tempat. Kemudian setelah waktunya mereka masuk di ruang registrasi, setelah itu masuk di ruang steril, di sini ada kegiatan tutorial. Jadi setiap tahapan pasti ada pengamanan,” jelas Firman.

Persiapan Kelistrikan

“Ini kan kita belum lakukan rapat, tetapi dalam perencanaan tentu kita akan berkoordinasi dengan pihak PLN dan MoU-nya itu tidak sebatas wilayah tapi seluruh Indonesia. Pemerintah daerah juga sudah menyiapkan genset,” pungkasnya. (PS)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker