Baubau

Jajaki Kekuatan Baru di DPRD Baubau, PDIP Bangun Komunikasi Dengan Dua Partai Lain

BAUBAU – Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi jadi koalisi dominan di DPRD Kota Baubau periode 2019-2024. Partai berlambang Banteng ini tengah menjajaki kekuatan lebih besar dibandingkan komposisi fraksi di parlemen periode sebelumnya.

Bermodal tiga kursi DPRD, PDIP Baubau mengaku sedikitnya sudah berkomunikasi membentuk fraksi dengan dua partai lain. Bila bersepakat, maka dipastikan PDIP memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan periode 2014-2019.

“Kita sedang menjajaki komitmen dengan partai lain untuk membentuk fraksi di DPRD. Sejauh ini, kita sudah membangun komunikasi dengan dua partai lain,” ungkap Ketua DPC PDIP Baubau, La Ode Ahmad Monianse dikonfirmasi di kompleks Setda Baubau, akhir pekan lalu.

Namun, Wakil Wali Kota Baubau ini masih enggan membocorkan nama kedua partai tersebut. “Nanti tiba saatnya baru kami sampaikan,” tukasnya.

Menurut dia, koalisi fraksi tersebut bukan bertujuan menghadang program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Melainkan, untuk mengawal pemerintahan sesuai dengan fungsinya yakni anggaran, legislasi dan pengawasan.

“Tentu, ada hal-hal yang mungkin kami pemerintah tidak ketahui. Maka itu, kami tidak menutup diri untuk menerima masukkan dari mereka,” terang mantan anggota DPRD Baubau ini.

Monianse juga tak menampik kemungkinan PDIP kembali membangun fraksi dengan Partai Bulan Bintang (PBB). “Bisa jadi kita tetap melanjutkan koalisi,” tandasnya.

Untuk diketahui, komposisi fraksi di DPRD Baubau periode 2014-2019 yakni PAN-PKS, Demokrat-PPP-Gerindra, NasDem-PKB, PBB-PDIP dan Hanura-Golkar. Dari 25 kursi DPRD Baubau, gabungan Demokrat-PPP-Gerindra memiliki kekuatan terbesar yakni tujuh kursi. Sedangkan, koalisi PDIP-PBB hanya empat kursi.(exa)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker