BuselTajuk

Jaminan Rumah Khusus Nelayan Buton Selatan

KABUPATEN Buton Selatan (Busel) secara geografis adalah sentra perikanan, dan perkebunan. Hasil laut dan perkebunan melimpah disana.

Benar jika Plt Bupati Busel, H La Ode Arusani memperhatikan warganya yang berprofesi nelayan. Salah satunya dengan memberikan bantuan rumah khusus nelayan.

Jumlah nelayan di Busel tidak sedikit. Wajar jika banyak sentuhan yang diberikan Pemda kepada warganya dalam bentuk perumahan.

Rumah yang diberikan tersebut diharapkan tepat sasaran. Artinya penerima manfaatnya adalah nelayan dan warga asli Busel.

Menjadi tanggung jawab Kadis Perumahan dan Kawasan Pemukiman Busel, Dr Sunaryo Mulyo yang memastikan hal tersebut. Apalagi dalam waktu dekat, pamong senior di bidang PU ini bakal hijrah ke Kementerian PUPR di Jakarta.

Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah bantuan alat tangkap. Potensi laut Busel yang melimpah acap kali tidak dinikmati warganya karena moda transportasi laut untuk menangkap ikan kalah bersaing dengan nelayan dari daerah lain, bahkan negara lain.

Nah, disinilah Pemda Busel harus hadir. Menaikkan level nelayannya dari tradisional ke moderen.

Dengan demikian, produktifitas mereka meningkat. Termasuk mencegah hasil lautnya dicuri nelayan asing.

Apakah hal tersebut mampu dilakukan Arusani? Patut ditunggu.(***)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker