Muna

Januari, KMP Bontoharu Mulai Beroperasi

BUTONPOS.COM, MUBAR – Sempat terhenti kurang lebih satu tahun, KMP Bontoharu akan kembali berlabuh di Felabuhan Fery Tondasi, Muna Barat (Mubar). Dijadwalkan awal Januari 2018 mendatang, kapal tersebut akan melakukan pelayaran perdananya.

Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Setkab Mubar, Abdul Azis Kolewora mengatakan, pemerintah kabupaten (Pemkab) Mubar telah memastikan jadwal pelayaran kapal. Nantinya, kapal ini akan melayani pelayaran tiga wilayah yakni Tondasi, Bira dan Sikeli.

“Kapalnya belum tiba disini (Mubar, red). Hanya saja awal Januari 2018 sudah akan melakukan pelayaran perdana berangkat dari Pelabuhan Tondasi dengan tujuan Bira-Sikeli. Kita sudah konsultasikan hal ini kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” ungkapnya.

Kata dia, volume muatan KMP Bontoharu ini cukup besar. Kapasitas muatan untuk kendaraan roda empat atau mobil mencapai 60 unit. “Salah satu kapal fery yang besar di Sultra. Lumayan besar bisa menampung 60 unit mobil. Ini akan memperpendek jarak antara Mubar dengan Bira-Sikeli,” katanya.

Mekanisme operasional kapal, sama dengan kondisi tahun-tahun sebelumnya. Karena ini lanjutan yang pernah terhenti, dan hanya dioperasikan ulang. Dulu hanya melayani Tondasi-Bira, sekarang ditambah dengan Sikeli.

“Yang akan kelola nanti, ASDP Kota Baubau. Termasuk pengaturan tiket, sebab Pelabuhan Fery Tondasi di bawah naungan ASDP Baubau. Namun itu juga akan tetap disesuaikan dengan peraturan daerah (Perda) di Mubar,” ujarnya.

Terkait kondisi pelabuhan menurut Azis Kolewora, sudah siap. Tahun 2015 lalu ada 17 miliar duit negara yang dialokasikan untuk memperbaiki pelabuhan itu. Lintasan jalan juga menuju pelabuhan yang dulunya rusak, sekarang sudah diperbaiki.

“Sebenarnya kita upayakan ada juga fery yang menghubungkan Tondasi-Torobulu, tetapi yang baru terwujud baru 1 unit itu. Kapal yang beroperasi ini merupakan hibah sejak dari Pemkab Muna, dan sekarang Pemkab Mubar yang lanjutkan. Kalau permintaan Tondasi-Torobulu, ada subsidi awal dari Pemkab untuk memancing animo masyarakat. Hanya saja Fery Tondasi-Torobulu belum terwujud,” tukasnya. (p5)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker