Baubau

Jenazah Pemuda di Baubau Berhasil Dievakuasi Dalam Sumur 30 Meter

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kota Baubau bersama Pemadam Kebakaran mengevakuasi jenazah Muhammad Kurnia (22) yang ditemukan warga dalam kondisi tak bernyawa di dalam sumur, di sebuah bangunan tidak terpakai Jalan Betoambari, Kelurahan Lanto, Kecamatan Batupoaro tepat di depan masjid SMKN 1 Kota Baubau, Sulawesi tenggara, Kamis (13/6/2019).

Meski menemukan beberapa kendala, jenazah korban berhasil dikeluarkan dalam sumur berdiamater 1×1 dengan kedalaman 30 meter di bawah permukaan tanah, Jumat (14/6/2019) sekira pukul 11.30 wita.

Komandan tim evakuasi Basarnas, Gusman N menjelaskan, sebelumnya proses evakuasi jenazah telah dilakukan sejak, Kamis (13/6) pukul 00.00 Wita malam, dikarenakan jarak pandang mata ke korban terbatas, maka evakuasi dihentikan dan dilanjutakan keesokan harinya, Jumat (14/6/2019) sekira pukul, 08.00 Wita.

“Proses evakuasi jenazah korban ini dimulai sejak tadi malam. Pukul 12.00 Wita. Tapi proses tadi malam itu. Kita hentikan sejenak karna visibilitas mata itu, kan malam pandangannya kita itu terbatas. Jadi kita rembukan bersama teman-teman dan tim instansi lain bahwa proses evakuasi itu dilanjutkan keesokan paginya. Pada saat tadi pagi kita mulai pukul 08.00 kita,” ujar dia usai mengevakuasian jenazah kepada Sejumlah wartawan.

Gusman menjelaskan dalam pengevakuasiannya, jenazah korban ditemukan sudah tak normal seperti pada umumnya.

“Kondisi korban yang ditemukan dibawa itu, sudah meninggal dunia lah. Kondisinya tubuhnya mohon maaf sudah ini. Sudah tidak normal lagi seperti pada umumnya. Sudah bengkak,” ujarnya.

“Kesusahannya tadi dari alat pernafasan di bawah. Kebetulan kan ini sumurnya sempit. Jadi otomatis behelnya itu, untuk pengancingnya tabung itu dia terkikis, salah satunya tadi putus. Jadi naik kembali. Setelah itu diturunkan kembali pake alat. Ke dalam sumur 30 meter sekitar 1×1 Meter. Karena dia segi empat,” tambahnya. (Mo1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker