Sultra

Jika Terpilih, Hugua Masukan Festival Benua Konsel ke Kalender Event Sultra

BUTONPOS.COM, KONSEL – Ketua BPD PHRI Sulawesi Tenggara, Ir Hugua didampingi sekretaris PHRI Sultra Eko Dwi Sasono dan Yusuf Maulana, GM PLaza Inn Kendari menghadiri acara Pembukaan Festival Benua di Lapangan Desa Benua Utama Konsel.

Festival Benua tersebut bertemakan “Save Our Culture” yang diselenggarakan pada 1-24 Desember 2018 di Desa Benua Utama, Kecamatan Benua, Kabupaten Konawe Selatan.

Dalam Festival Benua 2017 ini dibagi dua sesi kegiatan, yakni tanggal 1-4 Desember 2018 berupa kegiatan ritual Lulo Ngganda. Dan tanggal 23-24 Desember 2018 berupa kegiatan prosesi adat istiadat dan budaya berupa seni dan olah raga tradisional suku Tolaki.

Kegiatan yang digagas oleh Masyarakat Adat Tolaki Benua, Pemerintah Kecamatan Benua, Komunitas Ruruhi Project dan Walhi Sulawesi Tenggara dan didukung penuh oleh PHRI Sulawesi Tenggara ini dihadiri ribuan orang

Eko Dwi Sasono sekretaris BPD PHRI Sultra mengatakan bahwa Festival Benua ini dapat memicu pertumbuhan ekonomi kreatif dan ekonomi kerakyatan lainya di Sultra.

Senada dengan itu Pak Yusuf GM Plaza Inn meyakini bahwa dengan banyaknya even budaya seperti ini ke depan akan memicu pertumbuhan kunjungan turis lokal dan manca negara ke Sulawesi Tenggara dan pasti menambah daya hunian hotel dan restoran yang otomatis akan meningkatkan pendapatan petani, nelayan dan sektor industri kreatif seperti kerajinan tenunan makanan khas dan produk kerakyatan lainya di Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutan singkatnya Ir Hugua mendampingi Dr Ir Asrun mengapresiasi keberanian dan orisinilitas gagasan swadaya camat dan Komunitas Benua menggandeng ;
LSM Walhi dan PHRI Sultra dalam pelaksanaan Festival ini .

“Ini adalah langkah pertama dari kemungkinan seribu langkah dapat terjadi dari pada seribu rencana tapi tidak pernah ada langkah pertama,” puji Hugua pada Camat Benua.

Lebih lanjut Hugua berjanji jika terpilih jadi Wakil Gubernur Sultra maka Festival Benua akan diangkat menjadi festival tahunan dalam Kalender Event Sultra dan skalanya akan ditingkatkan lebih besar yang dapat menggetarkan Indonesia dan dunia .

“Ini penting karena Rawa Aopa adalah kawasan Rawa unik satu satunya di dunia dan memiliki keaneka ragaman hayati penting seperti 155 jenis Flora dan 323 Jenis Fauna. Ini kan potensi langkah di dunia. Jadi pantas jika via Festival Benua, potensinya akan menggetarkan dunia,” tegasnya. (***)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker