Sultra

Kades di Konkep Wajib Berinovasi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Kebijakan pemerintah pusat dan daerah mengharuskan sistem pemanfaatan dana desa harus dijalankan secara proporsional dan optimal.

Hal ini dalam rangka mempercepat kemajuan pembangunan desa yang lebih mandiri dan terarah di masa mendatang. Salah satu poin kebijakan pusat terhadap dana desa itu yakni penjabarannya selain melakukan percepatan penyediaan infrastruktur desa juga mengembangkan program potensi unggulan desa yang berbasis inovasi teknologi modern.

Ajang perhelatan bursa inovasi desa yang diselenggarakan Tim Ahli Pendamping Desa Kabupaten Konkep mendapat apresiasi maksimal dari Pemda Konkep.

Bupati Konkep, H Amrullah mengatakan pihaknya sangat mendukung program bursa inovasi desa tersebut dalam rangka memberikan edukasi pengetahuan dan pemahaman terhadap para kades di Konkep agar mengetahui tujuan dan sasaran penjabaran dana desa untuk mewujudkan pembangunan desa yang lebih baik di masa mendatang.

Bupati H Amrullah mengharapkan para kades mampu melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan pembangunan desa sehingga ke depan bisa berkembang sejajar dengan daerah lainnya.

Untuk meraih harapan itu, kata H Amrullah para kades harus bekerja keras untuk memanfaatkan berbagai potensi unggulan desa.

“Untuk bisa berhasil para kades harus bekerja keras, para kades harus betul-betul memanfaatkan potensi unggulan desa yang ada untuk dikembangkan secara maksimal,” ujar H Amrullah.

Sementara itu Tim Tenaga Ahli Desa Kabupaten Konkep, Ansaruddin menjelaskan pelaksanaan bursa inovasi desa tersebut bertujuan untuk memberikan informasi serta penguatan kebijakan pusat soal pentingnya pelaksanaan proram pembangunan desa berbasis inovasi sebagai proses rangkaian sasaran penggunaan dana desa yang lebih efektif dan produktif.

Selama ini kata Ansaruddin penggunaan dana desa sebagian besar diarahkan untuk pembangunan sarana infrastruktur desa sementara potensi unggulan desa tidak mendapat perhatian maksimal untuk dikembangkan melalui pendekatan inovasi modern.

“Kami melihat selama ini pengunaan dana desa masih kurang efektif. Dimana banyak potensi unggulan desa belum dikembangkan secara maksimal, dimana desa tidak memperhatikan program inovasi desa, ini yang harus jadi perhatian tahun mendatang, “kata Ansaruddin.

Melalui kegiatan bursa inovasi desa tersebut kedepan Ansaruddin berharap para kades dapat memperbaiki model pendekatan pembangunan desa yang lebih baik. Seperti harus mampu merumuskan gagasan baru untuk mencetuskan inovasi desa dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian desa yang lebih baik dan meningkat.

Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran pimpinan muspida dan jajaran pejabat struktural lingkup Pemda Konkep. (P4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker