Wakatobi

Kades tidak Proaktif, DD Wakatobi Telat Cair

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Dana Desa (DD) tahap II untuk Kabupaten Wakatobi tahun ini mulai disalur. Dari 75 desa yang ada, 28 desa diantaranya telah melakukan pencairan. Sementara Alokasi Dana Desa (ADD), pencairan baru dilakukan 57 desa.

Dikutip dari Rakyat Sultra, hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sarimu, Rabu (13/12).

“Tanggal 7 kemarin ditransfer dari kas negara ke kas daerah dan di teruskan ke kas desa pertanggal 12 Desember 2017. Baru sebanyak 28 desa yang dicairkan anggaran tahap dua,” kata Sarimu diruang kantornya.

Diakuinya, terjadi keterlambatan pencairan DD tahap dua tahun ini diakibatkan proses transfer ke kas daerah juga terlambat dilakukan.

“Sehingga menyebabkan keterlambatan juga kita menyalurkan ke desa,” ungkapnya.

Sementara soal ADD belum seluruh desa melakukan pencairan sebab terkendala proses penyusunan surat pertanggung jawaban di tiap desa.

“Sebenarnya anggarannya sudah ada tapi desa yang kurang pro aktif merampungkan SPJnya. Sudah tersalur beberapa minggu lalu ke 57 Desa,” tambah Sarimu.

Batas waktu proses penyaluran tahap dua ini hingga tanggal 20 bulan ini. “Makanya kami desak terus juga pihak desa untuk segera selesaikan SPJ,” tuntasnya. (rs)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker