Butur

KAHMI Gelar Diskusi Budaya Membahas Sejarah Butur

BUTONPOS.COM, BURANGA – Majelis daerah Korps Alumni Himpunan Islam (KAHMI) kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar acara diskusi bertemakan “Posisi Kerajaan Kulisusu dalam pemerintahan Kesultanan Buton di masa lampau”, di aula rapat Bappeda, Selasa malam (5/12).

Kegiatan diskusi tersebut, menghadirkan tiga panelis diantaranya Prof La Niampe, Akademisi UHO dengan menyajikan informasi berdasarkan naskah-naskah kuno yang dimilikinya.

Sementara Lakina Kulisusu La Ode Umar memaparkan materi berdasarkan kapasitasnya sebagai Lakino Kulisusu. Pemateri terakhir, Nurlin yang merupakan salah satu antropolog jebolan Unhas mengulas tema dari sudut pandang antropologi.

Dalam diskusi dengan sesi tanya jawab tersebut, dipandu oleh Wakil Ketua DPRD Butur Abdul Salam Sahadia. Kegiatan ini berjalan dengan alot.

Lakino Kulisusu (Ketua Lembaga Adat Sara Bharata Kulisusu) La Ode Umar M berharap usai diskusi tersebut, Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Islam (MD KAHMI) Butur dapat melahirkan karya tertulis, hal ini guna sebagai bahan pengetahuan sejarah generasi muda di Butur ke depan, dan tentunya dapat menjadi momentum untuk menggali fakta-fakta sejarah di Butur.

“Saya berharap usai diskusi ini hendaknya membuahkan sebuah karya yang tertulis, yang kemudian bisa menambah pengetahuan sejarah bagi generasi muda khususnya di Butur,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Presidium MD KAHMI Butur, Harmin Hari juga mengungkapkan kegiatan diskusi ini diharapkan dapat melahirkan informasi ilmiah, sehingga dapat menambah khazanah pengetahuan tentang perjalanan sejarah di Butur.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen KAHMI Butur, untuk berperan aktif dalam membantu Pemda Butur untuk membangun daerah,” tuturnya.

Dalam acara tersebut, selain dihadiri tiga panelis, Wakil Ketua DPRD Abdul Salam Sahdia dan Plt Bappeda Harmin Hari, juga dihadiri anggota DPRD Butur Rahman, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Harlin Hari, Sekwan Alimin, Kabag Pemerintahan Alimuddin, akademisi UHO Muhtar Abu, para tokoh adat, tokoh masyarakat, serta para pengurus dan anggota KAHMI Butur.(m7)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker