Olahraga

Kalahkan PS Mastim, PS Gu Juara Bupati Cup I

Wabup Buteng, La Ntau beri pengarahan ke tim PS Gu

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Persatuan Sepak Bola Kecamatan Gu (PS) membuktikan diri sebagai kesebelasan terkuat pada kejuaraan sepak bola Bupati Cup I yang diikuti tujuh kecamatan di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Masing-masing kecamatan yang menurunkan dua kesebelasan pada kelompok usia 14 tahun (U-14) dan usia 20 (U-20) disapu bersih PS Gu. Kemenangan ini tidak terlepas dari tangan dingin Wakil Bupati Buteng Kapten (Inf) Purn La Ntau dan pelatih senior Kabupaten Buteng Jasman Harun.

PS Gu U-20 memastikan diri keluar sebagai Juara I setelah dalam pertandingan final, Sabtu (30/12) sore, berhasil menyingkirkan PS Mawasangka Timur (Mastim) dengan skor tipis 1-0 di lapangan J wayong Lombe, Kecamatan Gu.

Gol tunggal PS Gu tercipta pada menit ke 70 melalui penyerang muda Ibnu Ibrahim yang bernomor punggung 4. Ibnu memanfaatkan bola operan dari sudut kanan yang tidak bisa dihalau dua pemain belakang PS Mastim. Posisinya yang berada di depan gawang membuatnya mudah menceploskan bola dengan sepakan kaki kanannya.

PS Mastim yang tampil menyerang pada menit-menit akhir, tidak bisa menciptakan gol balasan meskipun beberapa peluang dari penyerang andalan mereka nomor punggung 10 mengarah ke gawang. Sepakannya masih melambung tipis dari gawang PS Gu. Peluang lainnya dari rekan-rekannya di sisi kanan dan kiri dapat dipatahkan pemain-pemain belakang PS Gu.

Pertandingan final tersebut juga tidak terlepas dari campur tangan bupati dan wakil bupati dalam memberikan semangat pada tim jagonya masing-masing. Hal itu terlihat saat para pemain turun minum, kedua pemimpin daerah itu memberikan pengarahan suport. Bupati Samahuddin ke PS Mastim dan Wabup La Ntau ke PS Gu.

“Kita akan lihat adu strateginya, siapa yang hebat. Srategi sipil (bupati, red) atau kah strategi militer (Wabup),” kelakar salah seorang penonton melihat bupati dan wabup memberikan arahan pada tim jago masing-masing.

Rupanya, keberuntungan berpihak pada tim Wabup setelah turun main dengan pola penguasaan bola dan menyerang satu dua hingga menghasilkan gol. Melihat timnya kebobolan, bupati langsung berdiri dari tempat duduknya dan mendatangi pelatih PS Mastim untuk menyerang saja dari pada bertahan mengharapkan perpanjangan waktu dan adu penalti.

Sayangnya, hingga peluit akhir dibunyikan PS Mastim tak bisa memberikan gol balasan walaupun sudah mengepung pertahanan PS Gu yang kokoh.

“Kalau permainana mereka (Kedua kesebelasan, red) sudah cukup bagus, tinggal mempermantap tekniknya saja. Masih menggunakan pola-pola lama, makanya tadi saya berdiri memberikan arahan ketika PS Mastim kebobolan,” ungkap Bupati Samahuddin ditemui usai pertandingan.

Orang nomor satu di Kabupaten Buteng ini mengaku, salah satu tujuan Bupati Cup I ini dilaksanakan adalah untuk mencari pemain-pemain unggul yang akan dibentuk dalam satu tim kesebelasan Kabupaten Buteng FC dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porpeov) di Kolaka Utara 2018.

“Kita akan cari 40 pemain terbaik dari semua kesebelasan kecamatan untuk kita latih dan bina khusus. Saya sendiri akan turut mendampingi pelatih dalam membina mereka untuk persiapan Porprov dan kejuaraan Bupati Cup ini akan kita laksanakan terus setiap tahun,” pungkasnya.

Ketua Panitia Adam Basan membeberkan, kejuaraan Bupati Cup I untuk U-20 dimenangkan PS Gu (Juara I) PS Mastim (Juara II), PS Mawasangka dan PS Lakudo (Juara III). “PS Lakudo dan PS Mawasangka kita tetapkan sebagai Juara III bersama, karena tidak bertanding lagi mencari juara III dan IV,” tuturnya.

“Sebenarnya hari ini pertandingan mencari juara III dan IV dan besok (Hari ini, red) final. Namun karena besok sore itu ada zikir akbar menyambut tahun baru, final kita laksanakan hari ini. Sehingga PS Lakudo dan PS Mawasangka tidak bisa lagi bertanding dan kita putuskan mereka juara III bersama,” paparnya.

Adam mengatakan, juara I berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 10 juta, Juara II Rp 7 juta, dan Juara III Rp 5 juta.

“Hadiahnya akan diterimakan pada malam ramah tamah peringatan malam tahun baru di Lakudo,” tutupnya. (uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker