Buton

Kampung Literasi Bajo Bahari Gelar Lomba Tulis

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Sebagai kampung litersi, Desa Bajo Bahari, Kecamatan Wabula, menggelar lomba menulis, Selasa (12/12). Pesertanya terdiri dari ibu-ibu PKK dan siswa-siswi SD Negeri Bajo Bahari.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh pengurus rumah baca Bajo Bahari, Polres Buton, Kodim 1413 Buton, Dinas Pendidikan Buton, dan Pemerintah Desa setempat. Namun sumber dananya berasal dari Direktorat Pembinaan Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Acara lomba menulis dibuka oleh Kapolres Buton, AKBP Andi Herman SIK. Dalam sambutannya, dia mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada seluruh pihak penggagas acara sehingga bisa terlaksana dengan baik.

Apa yang sudah dilaksanakan itu, kata dia, merupakan rangkaian dari yang sudah diperbuat pihaknya selama ini hingga membuat Bajo Bahari dinobatkan sebagai kampung literasi. Diharapkan kegiatan serupa akan terus berlanjut sejalan dengan program pemerintah.

Andi Herman berkeyakinan bahwa jika kegiatan seperti ini terus digalang ke depan, maka masyarakat Bajo Bahari tidak akan ada lagi yang buta aksara. “Bahkan saya yakin, anak-anak kita di Bajo Bahari ini suatu saat akan banyak yang menjadi orang-orang sukses. Nasib orang kita tidak tau,” ucapnya.

Sebelumnya, pengurus rumah baca Bajo Bahari, Brigadir Al Muhalid, ketika membawakan sambutan mengatakan, Kampung Literasi Bajo Bahari diharapkan dapat menjadi poros pendidikan non formal masyarakat yang tidak hanya mengajarkan membaca, menulis dan berhitung, namun mampu menjadi solusi untuk mengatasi rendahnya pengetahuan dan minat baca masyarakat.

Bajo Bahari dikembangkan menjadi kampung literasi agar masyarakatnya bisa memiliki enam kecakapan litersi yakni, literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi, literasi keuangan, serta literasi budaya dan kewarga negaraan.

“Kegiatan baca tulis hanyalah merupakan dasar dari literasi lainnya agar masyarakat memiliki pemahaman yang utuh,” ucap Bhabinkamtibmas Polsek Pasarwajo, Polres Buton itu.

Tujuan digelarnya lomba menulis, jelas Al Muhalid, adalah untuk memberikan pengetahuan dasar tentang menulis kepada masyarakat. Melatih kretifitas siswa dan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan menulis, serta menumbuh kembangkan kebiasaan menulis pada masyarakat Bajo Bahari.

Amatan media ini turut hadir dalam lomba menulis yang dipusatkan di SD Negeri Bajo Bahari yakni Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Setda Buton Murtaba Muru, Koramil Pasarwajo Kapten Inf Rasit Tandri, Kapolsek Pasarwajo Iptu Cursil Risard Gattu, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Buton La Nadzi, serta sejumlah masyarakat setempat. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker