Sultra

Kawal Pilpres, Pangdam XIV Hasanuddin Terjunkan 11.330 Personel

PUBLIKSATU.COM, KENDARI – Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi menghadiri acara buka puasa bersama yang digelar di Markas Korem 143 Halu Oleo (HO), pada Senin (20/5).

Hadir juga Gubernur Sultra, Ali Mazi, Wakil Gubernur, Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh dan unsur Forkompinda.

Ditemui usai buka puasa bersama, Mayjen TNI Surawahadi megatakan, untuk pengamanan penetapan dan mengawal hasil Pilpres 2019 ini, pihaknya telah menyiagakan 11.330 personel.

“Untuk persiapan pengumuman Pemilu memang ada saya sampaikan, sekaligus meyakinkan bahwasanya satuan gelar disatuan Korem 143/HO itu sudah sesuai perintah. Alhamdulillah tadi pagi sudah dilaksanakan gelar dan kita yakinkan TNI sangat siap apabila dibutuhkan untuk membantu Polri dan pemerintah daerah dalam memberikan rasa aman dan nyaman untuk seluruh masyarakat,” jelasnya.

Sesuai perintah dari pusat, sambung Surawahadi, untuk pengamanan perhitungan dan keputusan hasil Pilpres, TNI diturunkan sebanyak 12.450 personel yang tergabung dalam pengamanan untuk di wilayah darat, laut dan udara. Mudah-mudahan semua masyarakat dan keamanan serta semua komponen bekerjasama demi menciptakan iklim yang kondusif serta pertahanan dan keamanan.

“Untuk Pandam XIV Hasanudin sendiri, kami turunkan sebanyak 11.330 personel TNI dalam pengamanan pilihan presiden dan wakil presiden. Hari ini (Senin, 20/5) kita sudah laksanakan gelar pasukan dan tinggal dukungan doa. Insyah Allah tinggal peran serta masyarakat untuk sama- sama menjaga dan tidak termakan oleh hoax yang merusak kebersamaan,” harapnya.

Surawahadi kembali mengajak semua elemen masyarakat, TNI/Polri untuk sama-sama menjaga keamanan di wilayah masing-masing demi terciptanya situasi yang aman, damai, terkendali serta kondusif.

“Untuk TNI sendiri selalu memperhitungkan kemungkinan terburuk. Kalaupun itu terjadi, TNI bersama Polri, pemerintah daerah selalu melakukan koordinasi dalam menjaga kondisi aman, damai serta kondusif karena itu sudah masuk dalam prosedur tetap,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Sultra, H Ali Mazi. Orang nomor satu di Sultra itu menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai serta saling menjaga toleransi baik itu pendukung 01 maupun pendukung 02.

“Karena setelah terpilih dan siapapun yang terpilih, presiden dan wakilnya adalah pemimpin kita bersama. Dan marilah kita dukung secara bersama-sama serta mensukseskan kepemimpinannya untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (m1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker