Buteng

Kawasan Makam Sangia Wambulu Siap Dijadikan Wisata Religi

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Mengetahui banyaknya peziarah dari luar daerah yang datang di makam Sangia Wambulu pada waktu-waktu tertentu, Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin mendorong kawasan makam imam besar Masjid Agung Keraton Buton itu menjadi destinasi wisata religi di Kabupaten Buteng.

Hal ini dilakukan bupati yang baru enam bulan menjabat ini untuk menyokong pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan Kabupaten Buteng. Sebab, menurutnya Kabupaten Buteng akan lebih dikenal lagi melalui kebesaran dan ketokohan Sangia Wambulu sebagai seorang aulia oleh kerajaan dan kesultanan di nusantara pada masa Kesultanan Buton.

“Kita akan dorong kawasan makam Sangia Wambulu yang terletak di Desa Baruta ini menjadi salah satu tujuan wisata religi di Kabupaten Buteng, karena rupanya banyak dikunjungi peziarah dari luar daerah,” ungkap Samahuddin usai meninjau lokasi pembangunan tiang pancang jembatan layang Baruta-Kolagana dan singgah beristrahat di kawasan makam, beberapa waktu lalu.

Setelah dijadikan wisata religi, kata bupati pertama pilihan rakyat Buteng ini, maka peran Pemkab Buteng dalam hal ini Dinas Pariwisata serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) akan lebih intens memperkenalkannya, baik kawasan makam sendiri maupun ketokohan dan peran Sangia Wambulu dalam sejarah Kesultanan Buton melalui media, pendidikan sejarah lokal kepada para pelajar, maupun ivent kegiatan budaya regional dan nasional.

Seperti halnya kegiatan atau festival kerajaan dan kesultanan nusantara, Kabupaten Buteng perlu melibatkan diri dengan mengangkat kharisma Sangia Wambulu sebagai ulama besar Kesultanan Buton, apalagi Kabupaten Buteng sendiri merupakan bagian dari pemerintahan Kesultanan Buton dalam Kadie maupun Matana Sorumba.

“Kita berharap juga kepada masyarakat Baruta untuk melibatkan pemerintah dalam setiap kegiatan budaya atau tradisi unik lainnya yang ada hubungannya dengan Sangia Wambulu. Sehingga pemerintah akan menjadikannya sebagai agenda tahunan pariwisata dan budaya Kabupaten Buteng,” pungkasnya.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker