Busel

Kementan Kucurkan Bantuan Cultivator Buat Petani Busel

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Kementerian Pertanian (Kementan) kembali mengucurkan bantuan untuk Pemkab Busel. Bantuan tersebut melalui Direktorat Jenderal Prasana dan Sarana Pertanian sebanyak 20 unit cultivator yang diperuntukan bagi petani daerah ini.

Kadis Pertanian Busel, Muhammad Rais mengatakan, sebagian besar keluhan masyarakat akibat minimnya alat pertanian. Secara perlahan Pemkab Busel terus melakukan pembenahan, menggenjot untuk memudahkan pengolahan lahan pertanian bagi petani.

Rais menjelaskan, potensi pertanian Busel ada di sebagian besar wilayah daratan dan sebagian kecil wilayah kepulauan. Untuk memaksimalkan ini, pihaknya terus menggenjot percepatan pembenahan sektor pertanian.

Menurut dia, persoalan lain yang dihadapi adalah minimnya pemahaman dan pengetahuan pertani dalam menanam dan mengolah potensi pertanian. Sedangkan soal pasaran Dinas Pertanian juga siap memberikan pendampingan.

“Kita terus lakukan pendekatan, sosialisasi kepada petani, memberikan pencerahan dan pendampingan,” terangnya.

Diungkapkan, bantuan cultivator berfungsi untuk mengaduk dan menghancurkan gumpalan tanah sebelum penanaman benih tanaman. Tujuannya, selain untuk memberantas tanaman penggangu, memperbaiki kondisi tanah, memacu kerja mikroorganisme untuk lebih aktif, mengembangkan penyediaan unsur hara dalam tanah dan meggemburkan tanah sebagai penetrasi akan tanaman.

“Dengan alat ini, lahan pertanian dengan ukuran tidak lebih dari satu hektar, dapat diolah dengan lebih efektif dan tidak memakan waktu lebih lama,” harapnya.

Untuk itu pihaknya berharap, para petani dapat memanfaatkannya sehingga dapat memudahkan dalam mengolah lahan pertanian. Dengan demikian, produktifitas pertanian di Busel bisa meningkat dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya petani. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker