Lifestyle

Kenali Delapan Khasiat Teh Dendelion untuk Kesehatan

PUBLIKSATU.COM – Dandelion selama ini sering dilihat sebagai tanaman bunga yang cantik dan menawan. Namun tahukah Anda, di balik kecantikan bunga dandelion, ada segudang manfaat sehat di dalamnya.

Bunga dandelion yang diolah menjadi teh dan rutin dikonsumsi setiap hari bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda lho. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Senin (15/7).

1. Melindungi Hati

Karena kehadiran flavonoid yang kuat, maka teh dandelion bisa berfungsi sebagai pembersih hati. Antioksidan ini menghilangkan radikal bebas dan zat-zat beracun seperti peroksida yang bisa mengganggu produksi enzim pencernaan oleh hati Anda. Anda bisa minum teh dandelion untuk mengurangi peradangan pada hepatosit.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kolesterol dan lipid seluruhnya dimetabolisme oleh enzim hati dan tidak terakumulasi di sepanjang dinding pembuluh darah. Karena darah dibawa ke jantung secara efisien, maka jantung Anda tetap sehat.

3. Menyembuhkan dan Mencegah Kanker

Obat tradisional menggunakan daun dan akar dandelion untuk menyembuhkan tumor payudara, rahim, dan paru-paru. Karena ion reaktif dalam darah inilah beberapa tumor menjadi ganas. Teh dandelion memiliki turunan luteolin yang menghilangkan faktor-faktor perangsang pertumbuhan tumor dan mencegah kekambuhan.

4. Merupakan Diuretik Luar Biasa

Retensi air dalam tubuh bisa menyebabkan kembung, pembengkakan sendi, hipertensi, gagal ginjal, kelelahan, hiperkalemia, ketidakseimbangan cairan tubuh, dan bahkan infeksi saluran kemih (ISK). Jika Anda menderita salah satu dari masalah di atas, teh dandelion adalah penyelamat Anda. Tanaman ini adalah diuretik alami karena adanya phytochemical seperti terpene dan asam polifenol. Minum teh ini secara teratur akan meningkatkan produksi urin dan memecahkan masalah yang terkait dengan retensi air.

5. Membersihkan Jerawat, Jerawat, Dan Masalah Kulit

Teh Dandelion memiliki efek anti-inflamasi yang membersihkan darah dan membersihkan hati Anda. Teh ini mempromosikan kulit bersih dengan mengurangi jerawat dan juga memiliki sifat antimikroba dan karenanya menyembuhkan infeksi seperti eksim, berjerawat, dan ruam yang disebabkan oleh jamur, bakteri atau virus.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Lutein dan flavonoid terkait memainkan peran penting dalam menjaga kepadatan mineral tulang pada wanita. Teh dandelion adalah salah satu sumber lutein dan kalsium terbaik, yang bersama-sama melindungi tulang Anda agar tidak semakin lemah – terutama selama dan setelah menopause. Teh dandelion membantu mencegah penyakit osteo-degeneratif yang memengaruhi wanita. Ini termasuk radang sendi, osteoporosis, osteopenia, dan osteoklastogenesis.

7. Kaya Vitamin K dan A

Dandelion hijau adalah cadangan vitamin K dan A, keduanya merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang sangat dibutuhkan tubuh Anda dalam jumlah yang banyak. Sistem peredaran darah, kardiovaskular, dan kemih akan bekerja dengan lancar jika Anda memasukkan teh ini ke dalam diet rutin Anda.

8. Sembuhkan Sembelit Dan Masalah Pencernaan Lainnya

Teh dandelion memecahkan masalah pencernaan seperti sembelit ringan, perut kembung, dan asam lambung karena aksi sinergis antara serat yang tinggi, pencahar, dan konten anti-inflamasi.(fny/jpnn)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker