Baubau

Kesalahan Administrasi, Kades tidak Boleh Dikriminalisasi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo BSSE MBA, menegaskan jika ada oknum polisi yang mencoba menakuti kades hanya karena persoalan administrasi tapi bukan korupsi, maka oknum tersebut akan dipidanakan.

Sebab, menurutnya kesalahan adminstrasi masih dimaklumi. Pasalnya, para kepala desa masih banyak yang belajar dalam pengelolaan anggaran Dana Desa (DD).

Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan dalam kegiatan tatap muka bersama tenaga pendamping profesional, kepala desa dan tokoh masyarakat Se-Sulawesi Tenggara, di Aula Kantor Wali Kota Baubau, Jumat (22/12/17).

“Kalau ada oknum kepolisian yang main-main dengan menakut nakuti Kades, itu bisa dipidanakan, jabatannya akan dicopot. Jadi komitmen dari Kapolri kuat. Selama tidak korupsi, dan hanya kesalahan administrasi kades tidak boleh dikriminalisasikan. Kita juga sepakat bahwa kades kita masih banyak yang baru dan masih banyak yang belajar ini mereka cenderung melakukan kesalahan administratif,” tegas Eko Putro Sandjojo.

Lebih lanjut Eko mengimbau, jika ada tindakan kriminalisasi baik dari kepolisian maupun dari oknum tertentu, pihaknya sudah menyiapkan Satuan Petugas (Satgas) DD dengan menghubungi nomor telepon 1500040.

“Kalau ada yang nakut-nakuti atau mengancam laporkan ke Satgas Dana Desa 1500040 tiga kali 24 jam kita turunkan orang untuk advokasi ke kepala desa. Kalau hanya kesalahan administrasi tidak boleh, lain halnya dengan korupsi, saya tidak beri ampun ke kepala desa,” ujarnya. (po4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker