Baubau

Keterwakilan Perempuan di Pilwali Baubau Penanda Kesetaraan Gender

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Keterwakilan perempuan dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau tahun 2018 mendatang menjadi pertanda akan kesetaraan gender.

Hal ini disampaikan oleh salah satu tokoh masyarakat, Wisni Saidoe kepada butonpos.com.

Menurut Wisni, bukan tidak mungkin, Kota Baubau akan dipimpin lagi oleh seorang perempuan. Jika hal ini terjadi, maka dia adalah perempuan kedua yang menjadi pemimpin setelah Raja Wakaaka.

“Suatu kebanggaan bagi kaum wanita, kita di Baubau khususnya. Mari semua kita dukung ke arah positif. Kita pernah dipimpin wanita pada zaman keterbatasan komunikasi yaitu Raja Wakaaka. Inilah harapan saya akan keterwakili perempuan dalam Pilwali nanti,” kata Wisni Saidoe kepada butonpos.com, Minggu (31/12/17) malam.

Sebagai seorang perempuan, yang juga istri mantan Bupati Buton dua periode, Kol Czi H Saidoe ini berharap dalam pesta demokrasi kedepan tidak ada ketimpangan dalam kesetaraan gender. Ia menilai, seorang perempuan layak untuk membawa Kota Baubau lebih baik lagi.

Menurutnya seorang perempuan dalam memimpin selalu dibarengi dengan naluri keibuan, layaknya seorang anak yang dirawat dan dibesarkan dari bayi hingga dewasa.

“Ya sangat layak. Gender kita kedepankan. Jangan ada ketimpangan keberpihakan. Perempuan itu memimpin dengan naluri keibuan, bukti kita di pimpin oleh ibu dari bayi sampai dewasa. Itulah bukti seorang perempuan mampu. Untuk itu kita beri kesempatan pada perempuan untuk menyampaikan programnya. Tetapi semua
pulang pada masyarakat yang akan memilih,” tukasnya.

Mewakili kaum perempuan, lebih lanjut ia berharap dalam Pilkada kedepan bisa berjalan aman, tentram dan damai.

“Kalau aman, tentu lancar apapun yg kita buat. Jangan ada pengaruh-pengaruh yang mengadu domba akan merugikan kita semua,” tutupnya.

Sekdedar diketahui, jika tidak ada hambatan, ada dua ibu yang akan bertarung di Pilwali pada bulan Juni 2018 mendatang. Mereka adalah Hj Wa Ode Maasra Manarfa berpasangan dengan Ikhsan Ismail dan Hj Roslina Rahim berpasangan dengan Yasin Mazadu. (po4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker