Wakatobi

KKP Salurkan Bantuan Pada Nelayan Wakatobi

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Di penghujung tahun ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengunjungi sembilan kabupaten kota di Sulawesi Tenggara. Kabupaten Wakatobi menjadi salah satu sasaran Kunker sekaligus memberikan bantuan pada nelayan itu.

Penyerahannya secara simbolis yang berlangsung di Sombu Diver Resor Wangiwangi, Jumat (22/12) malam.

Sedikitnya ada 48 unit kapal tangkap perikanan beragam ukuran yang diterima langsung perwakilan nelayan yang tersebar di wilayah Sultra. Termasuk 10 paket penangkapan ikan berbasis ramah lingkungan (rawai dasar 1.000 mata pancing dan gilnet dasar).

KKP juga menyantuni tujuh orang penerima premi asuransi nelayan yang masing-masing menerima sebesar Rp 40 juta. Satu diantaranya menerima asuransi sebesar Rp 15 juta.

“Termasuk dua orang penerima ahli waris yang keluarganya meninggal dunia saat melakukan penangkapan,” ujar Direktur Perizinan dan Kenelayanan Direktorat Perikanan Tangkap Kementerian Perikanan dan Kelautan Saifuddin.

Bantuan ini, tidak terlepas dari upaya KKP untuk mendorong spirit para nelayan. Tujuannya agar potensi perikanan yang ada di Sultra, terkelola dengan baik. “Apalagi kami melihat potensi perikanan kita di Sultra ini cukup besar,” ungkapnya.

Ia berharap, agar pemerintah daerah mendata kembali jumlah nelayan di Wakatobi yang belum menerima asuransi. “Karena Pemerintah Pusat akan menyalurkan sebanyak 31.875 presmi asuransi,” ujarnya.

Bupati Wakatobi H. Arhawi SE, yang menghadiri kegiatan ini menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan. Menurutnya bantuan yang dibagikan akan bermanfaat untuk masyarakatnya terutama yang berprofesi sebagai nelayan.

“Saya selaku Bupati Wakatobi, mewakili masyarakat saya, menyampaikan teraima kasih setinggi-tingginya,” terang orang nomor satu di Wakatobi itu. (p10)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker