Muna

Kontraktor Rumah Adat Muna Didenda

BUTONPOS.COM, MUNA – Peresmian rumah adat Muna yang terletak di Jalan By Pass (Eks kantor BPD) dijadwalkan, Kamis (28/12). Bila tak ada aral melintang, rumah adat sebagai simbol Kerajaan Wuna itu akan diresmikan oleh Plt Guburnur Sultra, Saleh Lasata. Saat ini, proses persiapan peresmian terus dikebut oleh Pemkab Muna.

Amatan koran ini, pekerjaan fisik tiga unit rumah adat itu belum selesai 100 persen. Peresmiannya pun terkesan dipaksakan.

La Ode Bou, Kadis PU Muna memastikan pekerjaan itu rampung sebelum peresmian. Para pekerja lembur menyelesaikan pekerjaan. “Tinggal finishing. Insya Allah malam bisa kelar,” katanya.

Muhamad Aswan Kuasa, PPK mengaku bahwa pekerjaan tersebut terlambat diselesaikan oleh kontraktor PT Wuna Sukses Mandiri. Dari jangka waktu kontrak, pekerjaan selama 150 hari kelender. “Kontraknya berakhir pada 15 Desember lalu. Atas keterlambatan itu, kontraktor kena denda 1/1000 perhari dari nilai sisa kontrak,” katanya.

Ia menerangkan, keterlambatan mega proyek sebesar Rp 5 miliar itu disebabkan sulitnya mendapat tiang rumah dari kayu jati. “Kayunya yang sulit didapat. Untung ada warga yang mau kayu jatinya dibeli,” ungkapnya.

Untuk tahun ini yang dibangun baru tiga unit rumah adat. Dimana satu unit rumah induk dan dua rumah pengawal. Tahun depan (2018), kembali akan dibangun 3 unit rumah adat lagi ditambah pelatarannya. “Anggarannya sama dengan tahun ini,” sebutnya.

Sementara itu, Amiruddin Ako, Kabag Humas Pemkab Muna menerangkan bahwa untuk persiapan peresmian rumah adat itu telah rampung 100 persen. Sekitar 3000 undangan yang disebar. “Kami undang para Ketua Kerukunan Muna yang ada di Kendari, Baubau, Buton, Konsel, Konawe dan daerah lain,” ungkapnya.

Rumah adat itu nantinya selain sebagai simbol Kerajaan Wuna, juga sebagai pusat kebudayaan Muna. Dimana, di rumah adat akan disimpan benda-benda pusaka milik kerajaan, berupa tombak, keris, pakaian kerajaan dan lain-lainya. “Tujuan dari pembangunan rumah adat itu agar generasi muda bisa memahami budaya Muna,” terangnya.

Peresmian itu juga akan dihibur oleh artis ibukota Jakarta, Juwita Bahar yang akan dipusatkan di area Jogging Track, Tugu Jati. (cr1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker