Tajuk

Koordinat Korea di Baubau

HINGGA kini hubungan antara Pemkot Baubau dengan Korea tetap mesra. Teranyar ratusan juta rupiah digelontor dari negeri ginseng tersebut.

Dikucurkan Yayasan Korea Cia-Cia Han-Geul Foundation yang memberikan beasiswa kepada 180 pelajar di Kecamatan Sorawolio. Total uang tunai yang diberikan capai Rp 105 juta untuk semua tingkat pendidikan. Suatu angka yang fantastis.

Sentuhannya pun dari murid SD hingga mahasiswa. Rincian, mahasiswa 15 orang, siswa SMA/Sederajat 45 orang, SMP/Sederajat 34 orang dan SD/Sederajat 86 orang. Besaran beasiswa yakni mahasiswa Rp 1,5 juta per orang dan siswa sekolah Rp 500 ribu per orang. Luar biasa.

Bukan hanya itu, bantuan juga diberikan kepada guru dan perangkat adat setempat dalam bentuk honor. Jika ditotal secara keseluruhan berjumlah sekitar Rp 380 juta.

Apa yang dipetik Pemkot hari ini merupakan buah dari kerjasama dengan Korea selama ini. Memang setiap tahun ada bentuk rill dari kemitraan tersebut. Modelnya beragam. Semua karena adanya koordinat Korea di Baubau.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah bagaimana membuat koordinat Baubau di Korea. Cara ini ditempuh sebagai salah satu jurus untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari negeri ginseng tersebut ke Baubau.

Bagaimana caranya? Publikasi tiada henti. Propaganda terus-menerus. Dengan begitu, bukan hanya Korea, bisa jadi negara lain pun akan menjadikan Baubau sebagai tujuan pariwisata. Apalagi dalam waktu dekat Baubau punya hajatan level dunia, Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA) Asean VI Polima pada Juni nanti.(*****)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker