Buteng

Kostantinus Bukide Buka Turnamen Sepak Bola Bupati Buteng Cup III

PUBLIKSATU.COM, BUTON TENGAH – Turnamen sepak bola Bupati Buteng Cup III resmi dibuka Sekretaris Kabupaten Buton Tengah (Buteng), resmi dibuka Sekda Buteng H Kostantinus Bukide di Lapangan Sepak Bola La Ode Abdul Kahar, Desa Lanto, Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng), Kamis (14/11/2019).

Pembukaan turnamen sepak bola Bupati Buteng Cup III tersebut, dihadiri Asisten II Setkab Buteng, sejumlah Kepala OPD, para camat, para Kapolsek Se Kabupaten Buteng, dan utusan kesebelasan dari masing-masing kecamatan. Pembukaan diawali dengan upacara sederhana dan dilanjutkan dengan sepakan bola pertama oleh Sekda Buteng dan penyerahan piala bergilir dari juara bertahan Kecamatan Gu kepada panitia.

Bila tahun-tahun sebelumnya turnamen sepak bola bupati cup ini hanya diikuti kesebelasan dari tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Buteng, maka tahun ketiga ini diikuti tiga kesebelasan tambahan. Ketiga kesebelasan itu yakni Kodim 1413 Buton FC, Bhayangkara Polres Baubau FC, dan KNPI Buteng FC.

Ketua Panitia Bupati Cup III, Rimpasa, dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya turnamen sepak bola Bupati Buteng Cup ini agar terlaksananya kompetisi sepak bola secara sistematik, berjenjang, dan berkelanjutan antara kecamatan dalam cakupan wilayah Kabupaten Buteng.

“Tujuan lainnya adalah untuk membangun tali silaturahim antara masyarakat dan seluruh komponen di Kabupaten Buteng serta membina hubungan fungsional antara para pihak dalam rangka pembinaan dan pengembangan sepak bola yang bertalenta,” tuturnya.

Turnamen sepak bola Bupati Buteng Cup III ini, kata dia, diikuti 10 kesebelasan yang dibagi dalam dua pool. Dengan 10 kesebelasan tersebut, pihaknya memperkirakan pertandingan akan berlangsung selama 17 hari.

Sekda Buteng Kostantinus Bukide, berpose bersama para Kapolsek pada pembukaan turnamen sepak bola Bupati Buteng Cup III di Lapangan Sepak Bola La Ode Abdul Kahar di Desa Lanto.

Sekda Buteng H Kostantinus Bukide dalam sambutannya menyampaikan salam hormat sekaligus permohonan maaf Bupati Buteng H Samahuddin yang tidak bisa hadir untuk membuka secara resmi turnamen sepak bola Bupati Cupp III karena sementara melaksanakan tugas dinas di luar daerah.

“Turnamen sepak bola seperti ini merupakan ajang strategis untuk mencari atlet-atlet sepak bola di Kabupaten Buteng. Saya yakin melalui Bupati Cup ini akan lahir pemain-pemain sepak bola yang bertalenta dan bukan hanya menjadi kebanggan Kabupaten Buteng, tetapi juga kebanggan nasional,” tukasnya.

Kepada para peserta atau atlet, Kostan berpesan agar menjunjung tinggi sportivitas. Menang dan kalah hal yang biasa, tetapi kemenangan harus direbut dengan sportivitas yang tinggi untuk menjadi pemenang sejati.

Kepada para pelatih atau official, didalamnya ada camat dan Kapolsek juga diminta untuk membina pemain dan pendukung dari kecamatan masing-masing agar dibina dan dikawal dengan baik, sehingga bisa menunjukan kemampuan diri masing-masing dalam bertanding.

“Dalam turnamen ini kita bukan semata-mata mencari juara, tetapi juga memberi hiburan kepada masyarakat. Sehingga dalam 17 hari pertandingan dapat ikut mendorong peningkatan perekonomian di Desa Lanto,” harap Kostan.

Mantan Kadis Sosial Kabupaten Buton Selatan ini, juga mengingatkan kepada para wasit memberikan keputusan sebagai pengadil dengan jujur dan tidak berat sebelah atau tidak memihak pada salah satu kesebelasan. “Biasanya yang memicu terjadinya kekisruhan dalam bertanding itu karena keputusan wasit yang tidak adil,” katanya.

Kostan juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1413 Buton dan Kapolres Baubau serta KNPI Buteng dalam mengutus kesebelasannya untuk berpartisipasi dan menyemarakan turnamen sepak bola Bupati Buteng Cup III 2019 ini.(uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker