Nasional

KPU Bakal Lantik 180 Komisioner KPUD Jatim

PUBLIKSATU.COM – ‎Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal melantik 180 komisioner untuk 36 kabupaten/kota di Jawa Timur. ‎Pelantikan itu rencananya bakal dilakukan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, masa jabatan komisioner lama sudah berakhir pada Rabu (12/6) ini. Sehingga memang sudah harus dilantik pada besok Kamis (13/6).

Arief mengatakan, seharusnya ia sudah melantik hari ini. Tapi, karena KPU melakukan rapat pleno dan baru selesai tengah malam ‎kemarin Selasa (12/6), membahas soal pelantikan komisioner baru. Maka diputusakan pelantikan dilakukan pada Kamis (13/6).

“Karena kalau dilantik hari ini khawatir dari daerah yang jauh-jauh enggak bisa datang tepat waktu ke Jakarta untuk dilantik, malah nanti melantiknya berkali-berkali,” ujar Arief di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (12/6).

Arief mengatakan, pihkanya telah memutuskan bakal bertolak ke Jawa Timur melakukan pelantikan. Hal itu karena ada 180 orang di 36 kabupaten/kota yang bakal dilantik menjadi komisioner. Terlebih harga tiket pesawat saat ini mahal. Sehingga Arief memutuskan untuk terbang ke Surabaya, Jawa Timur.

‎”Apalagi sekarang tiket lagi susah dan harganya mahal. Bahkan kadang-kadang enggak ada. Kami berpikir efektif dan efisien saja kita yang berangkat ke sana (Jawa Timur),” kata Arief yang menegaskan bahwa pelantikan komisioner di 36 kabupaten/kota jadwalnya hanya ada di Jatim.

Sekadar informasi, para calon komisioner KPUD Jawa Timur‎ juga telah mengikuti seleksi dan serangkaian tes. Mulai dari pendaftaran, seleksai administrasi, tes psikologi, tes kesehatan, hingga tes wawancara. (jp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker