Busel

KPU Busel Mulai Verifikasi Lapangan 14 Parpol

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Mulai 15 Desember (hari ini, red), KPU Busel akan menggelar tahapan verifikasi lapangan bagi partai politik peserta Pemilu 2019 mendatang. Total partai yang akan diverifikasi itu ada 14 Parpol.

Ketua KPU Busel, La Ode Masrizal Mas’ud mengatakan, tahapan verifikasi lapangan akan berlangsung selama dua minggu, mulai 15 Desember. Saat ini pihaknya sementara menyusun jadwal untuk verifikasi Parpol di tujuh kecamatan.

Kendati begitu, KPU Busel masih menunggu hasil Sipol pusat. Jangan sampai ada partai yang tidak lolos di pusat. Karena hal itu akan mempengaruhi mekanisme di daerah.

“Semua tergantung pada Sipol pusat. Jika partai yang bersangkutan tidak lolos di pusat, maka secara otomatis tidak bisa diverifikasi. Semua tergantung pusat. Kalau lolos kita lakukan verifikasi,” terangnya.

Kata dia, verifikasi ini hanya mempengaruhi sebaran. Fungsi dari verifikasi kabupaten/kota sampai di kecamatan ini untuk mengetahui sebaran kuota pengurus. Syaratnya, pengurus Parpol di pusat 100 persen, provinsi 75 persen. Kalau kabupaten/kota tergantung jumlah sebaran 75 persennya masuk atau tidak.

Lanjut Masrizal Mas’ud, ada beberapa Parpol yang tidak mesti terpenuhi di kabupaten/kota, namun sudah memenuhi 75 persen syarat provinsi. Maka ada beberapa Parpol yang memenuhi di masing-masing kabupaten/kota tidak dilakukan verifikasi.

“Misalkan di PKB. Meskipun pada saat pendaftaran sempat memasukan jumlah Silon 23 dan tidak memenuhi syarat dan dinyatakan gugur. Pada masa tahapan perbaikan pengurus PKB tak mau melakukan perbaikan. Dikonfirmasi di Parpol, menurut mereka tanpa verifikasi di Busel pun, PKB lolos di provinsi sudah memenuhi syarat 75 persen sebaran. Karena mereka menganggap sebaran sudah memenuhi syarat 75 persen tanpa harus dari Busel,” ujarnya.

Setelah melakukan verifikasi lapangan, sehari setelah itu, KPU akan melakukan rapat pleno, semua dokumenya akan dikirim ke provinsi. Jika tidak memenuhi syarat, maka akan langsung dinyatakan gugur.

Untuk metode sensus langsung gugur, untuk metode acak sederhana ada masa perbaikan. Acak sederhana ini berlaku bagi keanggotaan di atas 100 jumlah anggotanya. Untuk metode sensus di bawah 100 Parpol. “Jadi, sekalipun disini tidak lolos, tapi lolos di pusat bisa mengajukan calon anggota DPRD,” ujarnya.

Ia menambahkan, di Busel masing-masing Parpol berdasarkan syarat minimal keanggotaan Parpol sebanyak 94 orang. Parpol yang diverifikasi yakni PDIP, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Perindo, PAN, Partai Berkarya, Partai Demokrat, Partai Garuda, PKS, PPP, PSI. Parpol tidak memenuhi syarat (TMS) yakni PKB. Jumlah anggota yang disampaikan sebanyak 23 orang. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker