Buteng

KPU Buteng Sudah Verifikasi Faktual Delapan Parpol

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Dari 12 partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu yang dinyatakan memenuhi syarat setelah dilakukan hasil penelitian administrasi perbaikan sebelumnya, KPU Kabupaten Buton Tengah (Buteng) baru memverifikasi faktual delapan Parpol sejak dimulai 15 Desember lalu.

Kedelapan Parpol tersebut yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Perindo.

“Sampai hari ini baru delapan Parpol yang kami lakukan verifikasi faktual di lapangan, setelah dimulai 15 Desember 2017 dan berakhir 4 Januari 2018 nanti,” ungkap Komisioner KPU Buteng Divisi Hukum dan Pengawasan Rinto Agus Akbar saat dihubungi Buton Pos, Kamis (21/12).

Dari delapan Parpol yang sudah dilakukan verifikasi faktual tersebut, dua diantaranya belum lengkap yakni Partai NasDem dan Hanura. Saat dilakukan verifikasi di sekretariatnya, Partai NasDem belum lengkap kehadiran pengurusnya, salah satunya ketuanya tidak berada di tempat. Sementara Partai Hanura, belum memasang papan nama partai di sekretariatnya.

Rinto menerangkan, dalam melakukan verifikasi faktual ini pihaknya meneliti kepengurusan dan keanggotaan Parpol bersangkutan. Diantaranya kelengkapan administrasi ketua, sekretaris, dan bendahara yang dibuktikan dengan KTP dan KTA asli, keterwakilan anggota perempuan 30 persen, dan kelengkapan sekretariat Parpol.

“Setelah 12 Parpol kita lakukan verifikasi faktual, selanjutnya kita umumkan hasilnya 4-6 Januari 2018. Bagi yang belum lengkap akan dibuka lagi masa perbaikan 7-20 Januari 2018 dan diverifikasi faktual lagi 21 Januari sampai 3 Februari 2018,” jelas Rinto.

Tersisa empat Parpol lagi yang belum dilakukan verifikasi faktual yakni PDIP, PPP, Golkar, dan Partai Demokrat. “Sebenarnya ada dua Parpol lagi yang mendaftar di KPU Buteng, yakni Partai Berkarya dan Partai Garuda. Namun keduanya tidak memenuhi syarat untuk menuju ke verifikasi faktual,” pungkasnya. (uzi)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker