Buton

KPU Buton Terlambat Verifikasi Faktual Parpol

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Sesuai tahapan, harusnya verifikasi faktual partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 dimulai 15 Desember 2017 – 7 Januari 2018. Namun KPU Buton baru melakukannya pekan ini, atau sedikit terlambat dibanding daerah lain di Sultra yang sudah memulai sejak awal masa verifikasi.

“Memang sedikit terlambat karena kami masih bawa hasil verifikasi administrasi ke KPU Pusat. Mungkin Selasa hari ini (kemarin), sekembalinya tim kami dari Jakarta baru jadwal disusun,” kata Komisioner KPU Buton, Burhan, ketika dikonfirmasi, Selasa (19/12) lalu.

Berdasarkan putusan Bawaslu RI, jelas Burhan, yang seharusnya diverifikasi faktual ada 14 Parpol. Hanya saja, khusus Kabupaten Buton hanya 12 Parpol yang memenuhi syarat administrasi. Sedang dua Parpol lainnya yakni Partai Garuda dan Berkarya, sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat keanggotaan.

Verifikasi faktual, lanjut dia, akan dilakukan pada tiga item utama yakni verifikasi kesekretariatan, kepengurusan parpol, dan keanggotaan. Rinciannya, untuk kesekretariatan tim KPU akan mengunjungi satu per satu kantor partai, sedang syarat kepengurusan harus memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan.

“Kami akan cek alamat sekretariat sebagaimana yang dilampirkan dalam berkas pendaftaran. Kalau pengurus, minimal 30 persen perempuan dari total pengurus,” urai Burhan.

Sedang syarat keanggotaan, sambungnya, verifikasi hanya akan dilakukan pada partai baru yakni Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia. Mekanismenya, KPU akan mengambil sampel nama dari kepengurusan parpol kemudian dilangsungkan dengan peninjauan lapangan.

“Misalnya anggotanya 114 orang, sampel yang akan diverifikasi kurang lebih 11 orang secara acak. Tetapi bisa juga berbeda, tergantung jumlah anggota Parpol dalam dokumen mereka,” terangnya.

Untuk proses verifikasi sendiri, KPU Buton sudah membentuk tim independen yang terdiri dari dua orang masyarakat dan satu ahli pencacah dari Badan Pusat Statistik. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker