Sultra

KPU Kolaka Verifikasi Keanggotaan PSI dan Perindo

BUTONPOS.COM, KOLAKA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Kolaka Selasa (19/12) kemarin, mulai melakukan verifikasi faktual Parpol yang sebelumnya telah dinyatakan memenuhi syarat administrasi berdasarkan sistem informasi partai politik (Sipol).

Verifikasi keanggotaan dan kepengurusan Parpol dilakukan pada dua Parpol baru yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Perindo.

Salah anggota Komisioner KPU Kolaka Abdul Rauf menjelaskan verifikasi faktual difokuskan pada kelengkapan keanggotaan berdasarkan data Sipol, seperti kartu anggota parpol, dengan cara menemui langsung orang dimaksud di kediaman masing-masing.

Dijelaskan Rauf, untuk kabupaten Kolaka dengan 12 kecamatan, jumlah keanggotaan yang dijadikan sampel untuk partai PSI sebanyak 24 orang dari 240 keanggotaan, sementara Perindo 35 orang dari total 350 anggota.

“Parpol yang mendaftar di KPU Kolaka sebelumnya 14 Parpol, ada 2 yang tidak memenuhi syarat yaitu partai Garuda dan partai Berkarya, sementara 2 parpol belum pernah ikut pemilu, yaitu Perindo dan partai PSI yang sekarang akan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaannya, sementara parpol yang sudah mengikuti pemilu 2014 tidak lagi dilakukan verifikasi,” kata Rauf, di kantor KPU Kolaka, Selasa (19/12) kemarin.

Pelaksanaan verifikasi parpol oleh KPU kabupaten Kolaka dilakukan dengan membagi tiga kelompok verifikator untuk wilayah Kolaka, Kolaka bagian selatan dan wilayah Kolaka bagian utara.

Tiap kelompok verifikator terdiri dari komisioner dan staf sekretariat KPU, anggota Panwas kabupaten, serta unsur perwakilan media massa yang ada di Kolaka.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan KPU pusat, pelaksanaan verifikasi keabsahan keanggotaan dan kepengurusan parpol dilaksanakan sejak 15 Desember hingga 4 Januari 2018.

Dari hasil pemantauan hari pertama, khusus untuk wilayah Kolaka kemarin, ditemukan keanggotaan salah satu Parpol yang belum memenuhi syarat (BMS) berdasarkan klarifikasi kartu keanggotaan.

Meski demikian temuan tersebut masih akan diklarifikasi lebih lanjut dengan klarifikasi lanjutan.(p12)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker