Politik

KPU Siapkan Pengacara Hadapi Sengketa Pemilu

PUBLIKSATU.COM – Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) sudah siap menghadapi apabila nantinya ada yang melayangkan gugatan pemilu 2019 ke Mahakamah Konstitusi (MK). Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, salah satu persiapan KPU adalah mencari pengacara dengan cara lelang. Nantinya pengacara itu menjadi kuasa hukum bagi KPU.

“Kami akan melakukan lelang pengacara‎ (untuk gugatan MK). Mulai lelang diperkirakan tanggal 21 Mei,” ujar Arief Budiman di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (18/5).

KPU menilai butuh seorang kuasa hukum untuk menghadapi gugatan dalam sengketa pemilu di MK ini. Semua teknis lelang ia serahkan kepada sekretariat KPU.

“Itu ke sekretariat KPU. Intinya KPU sudah menentukan KPU butuh (kuasa hukum),” katanya.

Selain itu, Arief mengatakan KPU juga telah menyiapkan berbagai dokumen untuk bisa dibuktikan di MK. Dokumen yang disiapkan misalnya mulai dari form C, DA, DB, DC, dan DD.

“Nanti kalau ada sengketa kami bawa seluruh dokumen itu,” tuturnya.

Namun demikian Arief berharap semua pihak bisa menerima hasil yang bakal ditetapkan oleh KPU di hajatan lima tahunan ini. Sehingga tidak ada sengketa pemilu.

“KPU tentu berharap semua yang kami sajikan ini bisa diterima semua pihak. Tapi kalau ada sengketa, KPU menyiapkan semua dokumen,” pungkasnya.

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker