Baubau

KUPP Baubau Berlakukan Aturan Baru Buat Pengantar di Pelabuhan

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas I Baubau dalam ancang-ancang menerapkan aturan baru. Masyarakat umum atau pengantar bakal tidak diperkenankan lagi memasuki area dermaga atau pelabuhan Murhum, pekan depan.

Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Pelayanan Jasa KUPP Baubau, Suparno mengantarkan, jika sampai saatnya nanti aturan itu diberlakukan, maka pengantar hanya diperbolehkan sampai di ruang tunggu terminal lama. Pengantar tidak diizinkan lagi masuk area dermaga termasuk kapal.

“Rencana kami tanggal 15 Februari ini akan terapkan pengantar sampai di terminal penumpang saja. Saat ini masih pengenalan atau sosialisasi melalui banner dan spanduk kepada pengantar maupun masyarakat pada umumnya,” ujar Suparno, kemarin.

Namun, kata dia, aturan itu tetap akan melakukan evaluasi-evaluasi sejauh mana progres dan dampak penerapannya. Pihaknya akan melakukan pembenahan bila diperlukan.

Suparno menjelaskan, dermaga merupakan areal kerja. Orang masuk di dalam area dermaga diwajibkan memiliki identitas jelas. Terlebih, pelabuhan Murhum saat ini masuk pilot projects atau pelabuhan percontohan.

“Olehnya itu, kami selaku petugas terus melakukan suatu inovasi-inovasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pembatasan pengantar ini merupakan suatu aturan keselamatan, keamanan dan kenyamanan pengguna jasa pelabuhan,” ulasnya.(exa)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker