Baubau

Lagi, Bawaslu Masukan Enam Pejabat Pemkot Dalam Berkas Temuan

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Masih belum berhenti dalam melakukan pencegahan keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pilkada 2018. Meski belim masuk tahapan, namun kali ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Baubau kembali memasukan enam nama pejabat Pemkot Baubau kedalam berkas temuan.

Koordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Baubau, Wa Ode Frida Vivi Oktavia SH, menyebutkan enam nama pejabat Pemkot Baubau yang dimintai klarifikasi, Selasa (26/12/17) yakni Kepala Dinas Perhubungan, Roni Muktar, Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Sadidi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah, Abdul Fatar, Kepala Subbagian Protokoler Sekda, Irsyad Cahyadin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, La Ode Sarafa dan Kepala Dinas Sosial, La Ode Zulkifli.

Dugaan ini masih ditempat yang sama yakni pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Kelurahan Bukit Wolio Indah (BWI) Kota Baubau beberapa pekan lalu.

“Hari ini yang diundang ada enam orang. Dan ini masih terkait kegiatan Maulid Nabi yang di Kelurahan BWI, setelah kami menerima berkas tembusan penanganan yang diajukan oleh Panwascam Wolio dan setelah dipelajari oleh staf pengawasan, ternyata terdapat nama yang disebut tetapi belum dilakukan klarifikasi. Kemarin kami pleno dan ini akan dilanjutkan dan diregistrasi dalam temuan,” jelas Frida kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (26/12/17).

Lebih lanjut Frida menegaskan tindakan yang dilakukan ini merupakan bagian dari pencegahan kepada ASN yang melanggar asas netralitas, kode etik dan perilaku. Pasalnya, jika sudah masuk dalam tahapan kampanye maka mereka PNS bisa diberikan sanksi pidana.

Dari enam nama tersebut akan diplenokan dan akan diberikan rekomendasi ke empat lembaga yakni KASN, Kemendagri, Kemenpan RB dan BKN.

“Ini merupakan pencegahan dan yang memberi sanksi itu nanti KASN. Dan yang kami berikan rekomendasi itu ke KASN, Kemendagri, Kemenpan RB dan ke BKN. Dan kalau sudah masuk tahapan kampanye sanksinya pidana,” terangnya. (po4)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker