Buton

Layanan Pemutihan Pajak Kendaraan Diprotes

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Puluhan masyarakat memadati Kantor Samsat Kabupaten Buton, Selasa (19/12). Mereka yang datang sejak pagi mengurus pemutihan pajak kendaraan akhirnya mengajukan protes karena hingga sore hari tak kunjung dinilayani. Petugas pun dinilai lamban bekerja dan terkesan tebang pilih dalam melayani berkas pemutihan.

Salah seorang yang ingin mengurus pemutihan pajak, Alfa mengaku geram karena berkas yang diajukan kerap diabaikan. Dia menuding petugas pilih kasih dalam melayani. Belum lagi, tambahnya, berkas pemutihan yang dia dimasukkan sejak 30 November 2017 lalu, belum juga diproses tagihan pembayarannya.

Protes Alfa ini diikuti puluhan pengurus pemutihan pajak lainnya. Suasana sempat gaduh, namun tetap terkendali.

“Kami minta dilayani dengan adil, karena kami lihat di sini petugas memilah berkas semaunya, padahal kita ini sudah antri dari tadi pagi. Lagi pula berkas saya lama dia masuk,” tutur Alfa.

Menanggapi protes puluhan masyarakat itu, Kepala Tata Usaha Samsat Kabupaten Buton, Sanafi, berupaya menenangkan suasana.

“Kami harap pengertiannya, petugas kami sudah bekerja keras, bahkan kadang lembur. Ini hanya masalah teknis,” katanya.

Dia menjelaskan, pengurusan berkas pemutihan terkendala jaringan server, ditambah juga dengan banyaknya berkas pemohon yang tidak lengkap. “Kadang tidak ada jatuh temponya. Kalau sudah begitu, kami harus kirim dulu datanya ke provinsi, belum lagi jaringan susah,” ungkapnya.

Hanya saja, dirinya berjanji seluruh permohonan masyarakat akan dituntaskan. Pihaknya saat ini sudah membatasi pengajuan pemutihan akibat banyaknya berkas yang belum dituntaskan.

“Kami khawatir hingga lewat bulan ini belum selesai, makanya kami batasi 20 atau 30 orang saja,” tuturnya.

Untuk diketahui, hingga pertengahan bulan ini, tercatat sudah sebanyak 2.279 kendaraan sudah berurusan di Kantor Samsat Kabupaten Buton. Rinciannya, 753 kendaraan masuk bulan Oktober, 1.023 kendaraan masuk November, dan hingga tanggal 18 Desember lalu bertambah 503 kendaraan lagi yang mengajukan pemutihan. Namun yang belum selesai tinggal yang mengajukan bulan Desember saja.

“Tapi tetap diupayakan terlayani semua,” tandas Sanafi. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker