Buton

Lelang Sekab Kuras APBD Rp 500 Juta

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Hanya untuk satu pejabat tinggi pratama yang akan mengisi kursi Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton, membutuhkan biaya tidak sedikit. Setidaknya Rp 500 juta APBD Perubahan 2017 yang harus dikuras.

Dana tersebut untuk biaya administrasi, pembayaran tim asessor, dan akomodasi pantia seleksi (Pansel). Belum termasuk biaya pelantikan. “500 juta itu belum termasuk biaya pelantikan. Baru biaya asassor seperti honor mereka, akomodasi, dan hotel,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Diklat Daerah (BKPPD) Kabupaten Buton, Zanuria, saat ditemui di Kantor Bupati Buton, Senin (4/12).

Lelang Sekab ini sempat terkatung-katung. Sejak dibuka 16 Oktober lalu, sempat tertunda peserta yang memenuhi kualifikasi Sertifikat Diklatpim II hanya dua orang. Nanti setelah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengeluarkan rekomendasi terkait lelang boleh dilanjutkan dengan kualifikasi Sertifikat Diklatpim III, baru membuat Pansel sedikit bernapas legah.

Lelang jabatan Sekab kini kembali bergulir. Lima peserta bakal segera mengikuti tahap penilaian oleh tim Asessor dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Makassar. Tahap asesment dilakukan usai Pansel yang diketuai Sekprov Sultra, Lukman Abunawas tuntas melakukan penilaian pada pekan lalu. Rencananya, asesment akan berlangsung dua hari dan terdiri dari dua tahap yakni pemaparan makalah dan wawancara.

Zanuria menjelaskan, asesment akan dilakukan tiga orang asessor, Selasa-Rabu (5-6/12). Pesertanya, yakni Asrudin (Kepala Dinas Transmigrasi), La Ode Zilfar Djafar (Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman), Awaludin (Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Buton), LM Muharram (Kepala Badan Perizinan), dan La Ode Rahman Ana (Kepala Badan Kesbangpol). Kelimanya sudah dikonfirmasi siap mengikuti asesment tersebut.

Usai asesment, jelas Zanuriah, tahapan selanjutnya adalah perengkingan. Dalam hal ini, hasil penilaian Pansel dan tim asessor akan digabungkan untuk kemudian menghasilkan tiga nama besar dengan nilai tertinggi. Tiga nama inilah yang akan diajukan ke Plt Gubernur Sultra, Salah Lasata, untuk ditentukan siapa yang paling pantas menduduki kursi Sekab Buton.

Zanuria optimis lelang jabatan Sekab akan tuntas digelar akhir tahun ini. Namun terkair pelantikannya dia belum bisa pastikan. (man)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker