Buteng

Logistik Pilkades Serentak Mulai Didistribusikan

PUBLIKSATU.COM, BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mulai mendistribusikan logistik pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Pendistribusian diawali di wilayah kepulauan, yakni Kecamatan Talaga Raya sebagai kecamatan terjauh, Selasa siang (8/10/2019).

Logistik diambil langsung dari gudang DPMD Kabupaten Buteng di Kecamatan Lakudo, kemudian dibawa menggunakan mobil menuju pelabuhan Kecamatan Mawasangka untuk diseberangkan ke Kecamatan Talaga Raya dengan perahu kayu (Katinting). Proses pengangkutan logistik tersebut dikawal pihak keamanan dari Polres Baubau dan dalam pantauan Pengawas Pilkades tingkat Kabupaten Buteng.

“Sesuai tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Buteng, hari ini (Selasa, red) kita mulai lakukan pendistribusian logistik dan kita awali terlebih dahulu di wilayah kepulauan, yakni Kecamatan Talaga Raya karena jaraknya sangat jauh menyeberangi lautan,” ungkap Ketua Panitia Pilkades Serentak Kabupaten Buteng, Armin.

Logistik yang didistribusikan di Kecamatan Talaga Raya tersebut sebanyak 12 kotak suara yang akan disebar ke empat desa yang melaksanakan Pilkades. Empat desa tersebut yakni Desa Kokoe, Desa Liwulompona, Desa Wulu, dan Desa Pangilia.

12 kotak suara tersebut diperkirakan akan tiba sore di Kecamatan Talaga Raya dan langsung diamankan di Polsek Talaga Raya semalam. Keesokan harinya, Rabu (9/10), didistribusikan lagi ke empat desa yang melaksanakan Pilkades.

“Sementara pendistribusian logistik di wilayah daratan enam kecamatan, disebar besok (Hari ini, red) setelah pelaksanaan apel kesiapan pengamanan Pilkades di halaman kantor bupati. Pastinya, sehari sebelum hari pemungutan suara semua logistik sudah tiba di masing-masing desa yang menggelar Pilkades,” tandas Plt Kadis PMD Kabupaten Buteng ini.(uzi)

Untuk diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Buteng pada tahun 2019 ini diikuti 35 desa dari tujuh kecamatan yang ada. Berikut nama-nama desanya:

1. Kecamatan Mawasangka
Desa Wakambangura, Desa Polindu, Desa Banga, Desa Air Bajo, Desa Gumanano, Desa Wakambangura II, Desa Napa, Desa Balobone, Desa Wasilomata I, Desa Tanailandu, Desa Kanapa-napa, dan Desa Terapung.

2. Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng)
Desa Katukobari, Desa Lantongau, Desa Watorumbe Bata, Desa Gundu-Gundu, dan Desa Morikana.

3. Kecamatan Mawasangka Timur, hanya diikuti satu desa yakni Desa Wambuloli.

4. Kecamatan Lakudo
Desa Teluk Lasongko, Desa Wongko Lakudo, Desa Metere, Desa Nepa Mekar, Desa One Waara, Desa Wajogu, Desa Moko, dan Desa Madongka.

5. Kecamatan Gu
Desa Lowu-Lowu, Desa Kamama Mekar, dan Desa Lakapera.

6. Kecamatan Sangia Wambulu
Desa Doda Bahari dan Desa Baruta Lestari.

7. Kecamatan Talaga Raya
Desa Kokoe, Desa Liwulompona, Desa Wulu, dan Desa Pangilia.

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker