Busel

LPI, SMPN 3 Sampolawa Juara I

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Kompetisi Liga Pelajar Indonesia (LPI) tingkat SMP/MTs se-Busel berlangsung sengit. Ivent yang dipusatkan di lapangan sepakbola Desa Bola, Batauga ditutup pada Kamis (14/12). Haslinya, SMPN 3 Sampolawa keluar menjadi juara pertama.

Ketua Panitia LPI Busel, Bambang Susanto menyatakan, kompetisi LPI ini digelar sejak 6 Desember lalu. Peserta seyogyanya 32 tim, namun yang ikut berlaga dalam kegiatan ini hanya 16 tim. Hal ini dikarenakan kendala jumlah peserta dari sistem pendidikan dan hal lain termaksud cuaca saat ini. Untuk jumlah peserta tiap tim berjumlah 20 orang, terdiri dari 17 pemain dan tiga oficial.

“Termaksud saudara-saudara kita yang ada di daerah kepulauan, belum sempat ikut berpartisipasi kali ini. Dan insya Allah berikutnya akan hadir dalam kegiatan keolahragaan yang lainya,” kata Bambang Susanto yang juga Kabid Keolahragaan Dikmudora Busel, Jumat (15/12).

Tujuan kompetisi ini kata dia, untuk meningkatkan mutu sistem managemen keolahragaan di tiap satuan pendidikan. Memberdayakan sumber daya keolahragaan yang ada di kalangan pelajar. Serta menjalin silaturahmi antar atlet pelajar se-Busel.

Tak hanya itu, juga untuk meningkatkan partisipasi aktif untuk merespon kegiatan keolahragaan melalui pengambilan keputusan bersama/partisipatif dalam rangka permasalahan olahraga. “Meningkatkan dan menumbuhkembangkan rasa tanggung jawab, pentingnya pelaksanaan kegiatan keolahragaan di kalangan pelajar,” ujar Bambang.

Selain itu pula, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para atlet yang sehat jasmani dan rohani. Memiliki sportifitas tinggi yang berkarakter kebangsaan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ia berharap, kedepan ivent-ivent dalam rangka meningkatkan sistem dan manajemen mutu keolahragan termaksud penyediaan sarana dan prasarana olaharaga di Busel mendapat respon positif dari pemerintah dan praktisi olaharaga. Sehingga ivent keolahragaan di Busel lebih ditingkatkan lagi.

Kompetisi LPI ini panitia menyiapkan dan sudah menyerahkan hadia sebagai motivasi kepada para pemenang. Untuk juara I diraih SMPN 3 Sampolawa. Berhasil memperoleh medali emas bagi peserta dan oficial. Dana pembinaan sebesar Rp 3 juta. Tak hanya itu juga menerima piala LPI yang merupakan piala bergilir Bupat Busel.

Juara kedua diraih SMPN 6 Batauga dengan medali perak, dengan mendapatkan dana pembinaan Rp 2 juta. Juara tiga direbut MTsN 4 Buton Selatan meraih perunggu dengan dana pembinaan Rp 1 juta. Sedangkan juara IV atau juara harapan mendapatkan dana pembinaan Rp 1 juta diraih SMPN 1 Batauga.

Penutupan ivent ini dihadiri Asisten II Setkab Busel, H Ibrahim, sejumlah kepala SKPD, kepala satuan pendidikan dan Forkompida. (aga)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker