Baubau

Mama Ikhlas Pro Rakyat

BUTONPOS.COM, BAUBAU –  Meskipun hujan lebat mengguyur kota Baubau tak menyurutkan semangat pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau 2018-2023, Hj Wa Ode Maasra Manarfa dan Ikhsan Ismail, untuk menemui ratusan warga yang berada di Kelurahan Palabusa, Kecamatan Lealea, Selasa (19/12) malam.

Rangkaian kegiatan tatap muka dalam rangka pemaparan program kerja yang diusung pasangan yang terkenal dengan jargon tegas dan santun ini.

Dalam orasinya, Wakil Wali Kota aktif ini, mengungkapkan apresiasinya atas kehadiran ratusan yang tetap antusias mendengarkan program yang disampaikan.

“Saya sangat bangga dengan warga kalian semua. Meskipun cuaca kurang bersahabat, namun tak menyurutkan semangat warga sekalian untuk mendengarkan program kerja yang akan kami usung,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, pemimpin daerah harus bekerja sama dalam mensejahterakan rakyat, dengan dukungan dan partisipasi warga dalam membangun Kota Baubau tercinta. Warga harus bisa berperan aktif dalam membantu pemerintah sesuai dengan porsinya masing-masing.

“Salah satu program kerja kami yaitu pemberdayaan ekonomi kreatif dan memberikan dana APBD sebesar 1 hingga Rp 1,2 miliar per kelurahan untuk dikelola bagi kepentingan warga tanpa harus menunggu hingga pertengahan tahun. Hal ini ditujukan agar roda perekonomian masyarakat bisa berjalan normal dan mampu meningkat taraf perekonomian, toh itu adalah uang rakyat, kita digaji dari uang rakyat, kenapa kepentingan rakyat harus dikesampingkan,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, pemimpin daerah hanya punya hak segenggam, sisanya adalah hak rakyat. Namun apabila pemimpin mengambil lebih hak tersebut maka rakyat akan kekurangan. Pemimpin juga harus turun langsung meninjau keadaan rakyat, bukan hanya menerima laporan.

“Pemimpin pro rakyat bukanlah pemimpin yang banyak duduk dan diam di kantornya masing-masing. Bagaimana caranya bisa mengetahui apakah program tersebut berjalan di rakyat, jika hanya berdasarkan laporan. Kami akan menindak tegas setiap pejabat pemerintahan yang memberikan pelayanan kepada warga tidak sesuai dengan SOP. Dan setiap hari Jum’at dua minggu sekali seluruh warga bisa mengunjungi rumah jabatan guna menyampaikan segala keluh kesahnya. Dan Kalau ingin kami membuktikan apa yang kami janjikan maka pilihlah kami,” tegasnya.

Sementara itu, bakal calon Wakil Wali Kota Ikhsan Ismail, menegaskan jika Mama Ikhlas terpilih tidak akan ada lagi yang namanya pembayaran bagi anak sekolah yang baru mendaftar. Karena Pemerintah akan menanggung segala pembiayaan yang dibutuhkan pada setiap tahun ajaran baru.

“Jika kami terpilih, kami pastikan baju sekolah dan buku gratis bagi siswa baru setiap tahun ajaran ditanggung oleh pemerintah, sehingga orang tua tidak akan lagi dibebani dengan pembiayaan tersebut. Karena sudah semestinya program sekolah gratis diterapkan dengan sebenarnya,” tegas ketua DPC Partai gerindra ini.

Selain itu, ia juga memaparkan pemerintah juga harus memperhatikan kebutuhan gizi anak sekolah. Hal ini guna meningkatkan perkembangan anak sekolah.

“Anak usia sekolah harus memiliki gizi yang mencukupi demi menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan daerah. Pemenuhan gizi anak sekolah bukan hanya menjadi tanggung jawab orang tua semata, namun juga pemerintah. Kami akan menerapkan program pemberian makan gizi anak sekolah SD dan SMP seminggu sekali,” urai tokoh pemuda yang akrab disapa Om Lawa.

Ia juga menjabarkan, para warga yang diamanatkan mengemban tugas untuk membantu pemerintah dalam menjalankan program-program kerjanya tidak akan lagi menerima intensif secara triwulan, namun rutin setiap bulannya.

“Jika kami terpilih, kami pastikan akan ada peningkatan dana insentif RT/RW dan Kader Posyandu dan pengemban tugas kemasyarakatan lainnya yang akan dibayarkan setiap bulan. Tidak boleh lagi dibayar per tiga bulan. Honor mereka ini tidak seberapa namun sangat penting bagi perputaran perekonomian rumah tangganya. Itu harus diperhatikan oleh pemerintah,” tuturnya. (***)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker