Baubau

Mau Desanya Maju, SDM Desa Perlu Pembinaan

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Sumber daya manusia (SDM) desa yang ada di Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara perlu pembinaan.

Hal ini diungkapkan Kordinator Pendamping Desa Kecamatan Lasalimu Selatan, Deddy Karno di alun-alun Kali Biru, Kecamatan Pasarwajo, Kamis (7/12/17).

“Yang pertama itu untuk di desa yang pertama sumber daya manusia itu memang di desa masih perlu banyak pembinaan dari pemerintahan desa maupun lembaga-lembaga yang ada di desa. Jadi memang kendala terbesarnya ada pada sumber daya manusia masih sangat-sangat kurang memadailah. Butuh banyak pembinaan,” kata dia.

Lebih lanjut Deddy menjelaskan seharusnya program-program desa mengutamakan pemberdayaan untuk meningkatkan SDM.

“Makanya program-program dana desa itukan lebih banyak kepada pengembangan sember daya manusia sebenarnya. Hanya kemudian mengingat sarana prasarana di desa masih banyak yang kurang, maka kemudian masyarakat mengharapkan pembangunan sarana prasarana,” ungkapnya.

Tak hanya itu ia menjelaskan kurangnya SDM yang mumpuni yang duduk di pemerintahan desa, terkadang dipengaruhi oleh kebijakan politik.

“Tidak bisa dipungkiri adalah kepala desa itukan jabatan politik. Jadi peran politik dalam manajeman masih mempengaruhi kebijakannya,” katanya.

Deddy mengharapkan ke depan bisa di perbaiki lewat pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan dan penyelengaraan pemerintahan.

“Mudah-mudahan kedepan-kedepannya itu masih bisa di perbaiki. Pak desa perlu memahami bahwa mereka sudah selesai dalam prosesi politiknya. Maka dia harus tampil sebagai pimpinan di desa,” katanya. (Po1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker