Buton

Minat Baca Masyarakat Buton Minim

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Indeks baca di Perpustakaan Daereh Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara tergolong minim.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten , H Taslim SE melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Subaida SSos menjelaskan dalam sehari pengunjung perpustakaan paling tinggi tiga hingga empat orang.

“Paling panyak tiga orang, empat orang selama kita di Wakaka, memang sangat minim bahkan hampir tidak ada,” katanya kepada Butonpos.com saat ditemui diruangannya di Gedung B lantai II, Senin (18/12/17).

Lebih lanjut ia menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan minat baca, namun hal itu tetap tidak membuahkan hasil yang diharapkan.

“Dari 2013 sudah ada di kantor Bupati (lama) terus kita pindahkan di Wakaka, pasang spanduk, kita info juga diluar bahkan kita keliling juga di sekolah-sekolah, kita bikin perpustakaan keliling. Jadi kalau untuk masalah peningkatan minat bacanya sangat kurang,” katanya.

Tak hanya itu, Subaida menjelaskan pihak perpustakaan sudah sosialisasi ditiap sekolah dari tujuh kecamatan namun tidak merubah keadaan.

“Kita sudah sosialisasi dari tujuh kecamatan ini, kita sudah sosialisasikan di sekolah-sekolah itu, semuanya sudah tapi itulah keadaan kita begitu,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan kurangnya minat ini disebabkan belum adanya kesadaran masyarakat bahwa buku merupakan jendela Dunia.

“Tidak sadarnya mungkin masyarakat bahwa itu buku jendela Dunia,” katanya.(Po1)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker