Ekonomi

Mobil Nissan Sudah Bisa Dikemudikan Tanpa Bantuan Tangan

PUBLIKSATU.COM – Teknologi bantuan pengendara, ProPILOT terus mendapat pengembangan oleh Nissan. Tahun ini, pembuat mobil Jepang akan memperkenalkan generasi kedua, ProPILOT 2.0 dan akan disematkan pertama kali di model Skyline.

Pengembangan ProPILOT 2.0 terlihat lebih advance dan hampir setara teknologi otonom. Sistem bekerja dengan memantau marka jalan dan persimpangan, dipadukan pula dengan sistem navigasi untuk memudahkan kendaraan bermanuver sesuai dengan rute yang akan ditempuh.

Informasi-informasi diolah sedemikian rupa ke sistem sebagai perintah lanjutan, sehingga memungkinkan pengemudi bisa melaju tanpa melibatkan pengendalian tangan.

Diyakini untuk kali pertama sistem tersebut memungkinkan pengendara tak perlu meletakkan tangannya di lingkar kemudi saat melaju di jalur tunggal.

Mengoperasikannya, pengendara harus terlebih dahulu menyiapkan jalur yang akan ditempuh melalui sistem navigasi. Ketika kendaraan masuk jalur tol, sistem berkendara otomatis sudah bisa digunakan.

ProPILOT akan mendata secara simultan melalui sensor 360 derajat dan sistem navigasi memprediksi waktu untuk kendaraan ketika menghadapi persimpangan atau melewati kendaraan yang melambat.

Peringatan audio dan panduan visual akan diberikan pada pengendara kapan waktunya kembali mengambil alih kemudi dan juga mengkonfirmasi operasional gunakan tombol.

Skyline ini akan disematkan berbagai kombinasi kamera, radar, sonar, GPS dan data 3 dimensi high definition, informasi terbaru di sekitar dan presisi kendaraan ketika di jalan raya.

Kendati hampir otonom, sistem tetap melakukan pengawasan terhadap pengemudi untuk selalu dan tetap memerhatikan jalan raya. (mg8/jpnn)

Topik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblok Terdeteksi

Please consider supporting us by disabling your ad blocker